Dramatis! Timnas Futsal Indonesia Gagal Lolos Grup Usai Kalah dari Arab Saudi dengan Skor 2-3

Dramatis! Timnas Futsal Indonesia Gagal Lolos
Dramatis! Timnas Futsal Indonesia Gagal Lolos (Foto : AFC)

AntvDramatis! Timnas Futsal Indonesia kalah 2-3 dari tuan rumah Arab Saudi di partai terakhir grup B. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2024.

Pertandingan yang menentuan bagi kedua tim tersebut berlangsung di Green Hall, Damam, Arab Saudi, Rabu (11/10/2023) malam WIB. Telat panas dibabak pertama membuat Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah Arab Saudi dengan skor 3-2.

Tuan rumah Arab Saudi berhasil menguasai permainan dibabak pertama. Kiper Arab, Humod Aldahan kerap dilibatkan ketika tim nya sedang membangun serangan. Tim tuan rumah yang membutuhkan kemenangan pun terus menggempur pertahanan Indonesia.

Hasil nya pada menit ke-14 melalui Fares Fahad, Arab berhasil merobek gawang Indonesia. Dua menit berselang, lewat serangan yang cepat tim tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui Farhan Ali Al Asmari.

Gol kembali tercipta melalui situasi tendangan bebas, kali ini giliran Nawaf Almubarak yang mencatatkan namanya dipapan skor. Arab Saudi berhasil unggul 3-0, sekaligus menjadi skor penutup dibabak pertama.

Babak kedua dimulai, Indonesia langsung tampil menekan untuk mengejar ketertinggalan. Skuad Garuda akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-24 melalui Ardiansyah Runtuboy yang melepaskan tembakan keras ke gawang tim tuan rumah. Kiper Arab, Humold Aldahan tidak bisa menjangkau bola dan skor pun berubah menjadi 1-3.

Tertinggal dua gol dari Arab, Timnas Indonesia terus melakukan gempuran ke pertahanan lawan. Namun pertahanan Arab yang tampil solid, membuat serangan Indonesia selalu menemui kebuntuan.

Di sisa waktu yang semakin menipis membuat Indonesia melakukan perubahan taktik permainan.

Skema power play coba diterapkan oleh Indonesia untuk membongkar pertahanan Arab. Hasilnya pemain flank Indonesia Firman Adriansyah berhasil mencetak gol dan memangkas ketertinggalan Indonesia. Skor kembali berubah menjadi 2-3.

Disisa waktu yang ada Indonesia terus memainkan skema power play untuk terus menyerang. Lini pertahanan Arab yang tampil solid dan rapat membuat Indonesia kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Petaka justru didapat Indonesia ketika Samuel Eko di kartu merah karena mendapat kartu kuning kedua.

Pelanggaran tersebut dilakukan Eko guna mencegah pemain Arab yang coba melakukan serangan balik saat gawang Indonesia kosong.

Bermain dengan empat pemain membuat Indonesia harus dipaksa bertahan dalam kurun waktu dua menit.

Setelah dua menit berlalu, Indonesia kembali bermain dengan lima pemain dan langsung menerapkan skema power play disisa waktu yang ada.

Namun, serangan yang berkali-kali dibangun Indonesia tidak berbuah hasil hingga akhir pertandingan. Indonesia pun harus kalah 2-3 dari tuan rumah Arab Saudi.

Dengan kekalahan ini membuat Timnas Futsal Indonesia gagal lolos ke putaran final. Indonesia hanya mampu berada di peringkat ketiga grup B dibawah Afghanistan dan Arab Saudi.