Erick Thohir: Indonesia Siap Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Bersama Australia, Malaysia dan Singapura

Saingi Arab Saudi, Erick Thohir Siap Bawa Tuan Rumah Piala Dunia 2034 ke Indonesia, Bersama Australia, Malaysia dan Singapura
Saingi Arab Saudi, Erick Thohir Siap Bawa Tuan Rumah Piala Dunia 2034 ke Indonesia, Bersama Australia, Malaysia dan Singapura (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Ketua umum PSSI Erick Thohir bersiap membawa tuan rumah Piala Dunia 2034 ke tanah air. Indonesia akan bersinergi dengan Australia, Malaysia dan Singapura menjadi tuan rumah bersama kejuaraan sepak bola terbesar di dunia ini.

Kedekatan Erick Thohir dengan presiden FIFA Gianni Infantino diyakini menjadi nilai tambah untuk menjadi pesaing kuat Arab Saudi yang terlebih dulu mencalonkan tuan rumah Piala Dunia 2034.

Pelaksanaan Piala Dunia 2022 di Qatar yang masuk kawasan Timur Tengah membuat Erick Thohir yakin FIFA akan mencari tempat dan suasana yang baru dan memilih Indonesia, Australia, Malaysia dan Singapura menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Erick Thohir yang juga mantan presiden Inter Milan ini, mengungkapkan kemungkinan negaranya menjadi tuan rumah turnamen sepak bola tertinggi bersama tiga negara lainnya.

"Kami sedang berdiskusi dengan Australia. Ketika saya mengunjungi Malaysia dan Singapura, keduanya menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan Indonesia dan Australia," ujarnya.

Pengalaman Piala Dunia Wanita yang diselenggarakan Australia bersama Selandia Baru pada musim panas lalu juga memperkuat keinginan tersebut, 'Kami cukup kuat. FIFA tahu bahwa Timur Tengah menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun lalu. Saya yakin mereka ingin berubah," ujar Erick Thohir.

Seperti diketahui, FIFA telah menetapkan tenggat waktu hingga 30 Oktober 2023 untuk mengajukan permohonan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.