PSSI dan Federasi Sepak Bola Australia Jalin Komunikasi Demi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Foto : Dok. PSSI)

AntvKetua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Federasi Sepak bola Australia (FFA) mengenai peluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

FIFA bakal memberikan giliran kepada Asia dan Oseania untuk menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan tersebut mengingat pada Piala Dunia 2030 FIFA melibatkan tiga benua yakni, Eropa, Afrika dan Amerika Serikat.

Erick Thohir mengatakan bahwa perbincangan tersebut sudah dilakukan sejak 2017 silam. Kini mereka kembali mengangkat pembicaraan tersebut usai FIFA melakukan kongres di Rwanda pada April lalu.

"Sebelum saya di PSSI, sudah ada perbincangan. Pasti media ingat. Sejak 2017 sudah ada diskusi dengan Australia. Bahkan, beberapa waktu lalu, saat Kongres FIFA di Rwanda, saya juga sempat diskusi dengan FFA (Federasi Sepakbola Australia) soal itu.” kata Erick Thohir dalam konferensi Pers pada Selasa 10 Oktober 2023 kemarin.

“Jadi bukan tidak diajak. Indonesia masih diajak Australia untuk bahas soal kolaborasi menjadi tuan rumah bersama," ujar Erick.

img_title
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Arya Sinulingga. (Foto: ANTVKlik/Firman)

Erick juga menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo mendukung untuk biding Piala Dunia 2034. Termasuk memberikan respon positif ketika FIFA memajukan jadwal pengajuan biding ke tanggal 31 Oktober.