Asian Games 2023: Cabor Dayung Persembahkan Medali Emas di Nomor Dragon Boat Putra

Cabor dayung disiplin dragon boat putra raih medali emas
Cabor dayung disiplin dragon boat putra raih medali emas (Foto : Dok. PB PODSI)

AntvKontingen Indonesia berhasil menambah perolehan medali emas di Asian Games 2023 dari cabang olahraga dayung disiplin dragon boat putra. Tampil memukau, tim yang berisi 12 pedayung ini mampu mencatatkan waktu 4 menit 31,135 detik sekaligus memastikan sebagai yang tercepat di nomor 1000 meter.

“Secara umum, semua atlet setiap berlomba memberikan performa yang terbaik. Kemudian perbandingannya dengan prestasi latihan di Jatiluhur dan beberapa uji coba sebelum Asian Games ini, mereka mampu melampaui catatan terbaiknya, rata-rata lebih baik 1 sampai 2 detik,” kata Suryadi, pelatih dragon boat Tim Indonesia.

Bertempat di Wenzhou Dragon Boat Centre, Zubakri dkk mengalahkan pedayung tuan rumah China yang mencatatkan waktu 4 menit 31,182 detik atau selisih 0,047 detik. Medali perunggu direbut Myanmar dengan selisih waktu 1,824 detik.

“Setiap ketemu dengan China memang selalu close finish, kalahnya tipis cuma 0,0 sekian detik. Ada sejarah sendiri persaingan dengan China ini sangat-sangat ketat hampir di semua nomor, jadi kalau menghadapi China kita harus all out,” imbuhnya.

Suryadi menerangkan, tim pelatih selalu menyuntikkan motivasi kepada seluruh atlet untuk berjuang memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara. Pesannya kepada para atlet hanya satu, yakni jangan sampai catatan waktu yang didapatkan di Asian Games 2022 berada di bawah catatan waktu latihan.

img_title
Cabor dayung disiplin dragon boat putra raih medali emas. (Foto: Dok. PB PODSI)

“Saya juga bilang, jangan lupa rakyat Indonesia menunggu semua hasil apapun yang kita dapatkan dan pasti mengharapkan yang terbaik,” ungkap Suryadi.