Asian Games 2023: Sanggoe Darma Tanjung Persembahkan Medali Perak dari Skateboard

Sanggoe Darma Tanjung Rebut Medali Perak
Sanggoe Darma Tanjung Rebut Medali Perak (Foto : NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

AntvKontingen Indonesia menambah perolehan medali perak di Asian Games 2022 Hangzhou melalui skateboard atas nama Sanggoe Darma Tanjung yang turun di nomor men’s street. 

Tampil di Qiantang Roller Sports Center, Sanggoe memulai run pertamanya dengan baik dan mendapatkan 62,54 poin. Di run kedua, ia mampu melakukan trick andalan untuk mendapatkan poin lebih besar, 64,77. 

Di nomor trick, skateboarder 21 tahun ini menyelesaikan dua trick terbaik dari lima kesempatan yang diberikan dengan skor 68,08 di percobaan trick kedua dan 67,78 di percobaan ketiga. Sanggoe gagal di percobaan trick pertama, keempat dan kelima. 

Total, Sanggoe memperoleh 200,63 poin untuk memastikan medali perak. Skateboarder tuan rumah, China, Zhang Jie berhak atas medali emas dengan total poin 231,14 dan medali perunggu direbut wakil tuan rumah lainnya, Su Jianjun dengan 195,73 poin. 

img_title
Sanggoe Darma Tanjung Rebut Medali Perak. (Foto: NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)

“Terima kasih buat semuanya, saya tidak menyangka juga dapat medali karena Jepang, China, Korea sekarang ganas-ganas mainnya. Masih penasaran untuk bisa dapat medali emas sebenarnya. Kita harus coba latihan terus,” kata Sanggoe usai lomba. 

Sanggoe juga berhasil mengalahkan Ginu Onodera, peringkat ketiga dunia asal Jepang. Ginu yang juga merupakan pro player skateboard itu finis di urutan ketujuh dengan raihan 76,39 poin.