Meski Kalah dari Korut, Timnas Indonesia Dipastikan Lolos Babak 16 Besar Asian Games 2023

Meski Kalah dari Korut, Timnas Indonesia Dipastikan Lolos Babak 16 Besar Asian Games 2023
Meski Kalah dari Korut, Timnas Indonesia Dipastikan Lolos Babak 16 Besar Asian Games 2023 (Foto : Twitter)

Antv – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-24 menelan kekalahan 0-1 saat menghadapi Korea Utara pada laga terakhir Grup F sepak bola Asian Games 2022, Minggu (24/9/2023).

Hasil ini tetap meloloskan Indonesia ke babak 16 besar, karena di laga lainnya Kirgistan mengalahkan Taiwan 4-1.

Bertanding di Zhejiang Normal University East Stadium, Indonesia berusaha memegang bola sedari awal. Namun, Bagas Kaffa dkk. masih kesulitan untuk memberikan ancaman di awal permainan.

Ramai Rumakiek sempat memiliki peluang menembak di menit ke-23. Tembakannya sukses mengarah ke gawang, namun masih terlalu mudah untuk diamankan oleh kiper lawan.

Setelah itu, Indonesia masih kesulitan untuk mencetak gol hingga menit ke-30. Dua menit berselang, sebuah serangan dari Korea Utara U-24 kembali mengancam, namun untungnya masih melebar di atas gawang.

Meski terus ditekan, Korea Utara justru mampu membuka skor terlebih dahulu pada menit ke-40 melalui Kim Yu Song. Bola liar di mulut gawang sukses dimaksimalkan oleh pemain bernomor punggung 16 tersebut setelah lolos dari jebakan offside.

Korea Utara sempat mencetak gol kedua pada menit ke-45. Beruntung bagi Timnas Indonesia U-24, gol tersebut dianulir karena offside, sehingga skor 1-0 pun mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia bermain ‘all out’ untuk mencetak gol balasan. Pada menit ke-63, lemparan ke dalam Robi Darwis juga belum membahayakan, karena bolanya bisa diantisipasi oleh pemain belakang Korea Utara.

Indonesia mendapatkan peluang pada menit ke-80. Tendangan bebas Alfeandra Dewangga masih bisa disapu oleh barisan pertahanan Korea Utara, peluang Indonesia gagal.

Hingga pertandingan selesai, Indonesia tak bisa membongkar pertahanan Korea Utara. Skor 0-1 untuk keunggulan Thailand tetap bertahan.

Hasil ini memastikan Korea Utara lolos babak 16 besar Asian Games 2023 dengan status juara Grup F. Korut kini mengemas sembilan poin, unggul enam angka dari Indonesia.

Meski kalah, Timnas Indonesia berhak finis sebagai runner up karena di tempat terpisah Kirgistan sukses mengalahkan Taiwan 4-1 di Stadion Jin Hua.

Dengan demikian, Indonesia berakhir di posisi runner up sementara Kirgistan dan Taiwan masing-masing menempati posisi ketiga dan keempat. Indonesia unggul head to head atas Kirgistan.

Data dari Wikipedia, Indonesia memimpin klasemen peringkat 3 terbaik.

Dalam penentuan peringkat 3 terbaik, hasil pertandingan lawan tim peringkat terakhir di grup masing-masing tidak dihitung!

Hal ini karena ada grup yang anggota nya cuman 3 tim, sementara grup-grup lain 4 tim. Biar adil, maka hasil lawan tim peringkat 4 tidak dihitung.

Indonesia punya advantage, karena tim peringkat 4 di Indonesia adalah Chinese Taipei. Jadi kekalahan Indonesia lawan Taipei waktu itu, tidak masuk hitungan.

Tapi kemenangan 2-0 Indonesia atas Kyrgyzstan dihitung, karena Kyrgyzstan finish di peringkat 2 Grup. Itulah kenapa Indonesia punya 3 poin pada klasemen di bawah ini.

img_title
Data Wikipedia. (Foto: Tangkap Layar)


Indonesia juga sudah dipastikan finish di atas Qatar, pada penentuan peringkat 3 terbaik ini, karena Qatar sudah tidak ada pertandingan lagi. Anggota Grup Qatar cuman 3 tim.