Indonesia Masters 2023: Hadirnya Pemain Berkelas, Dongkrak Turnamen Makin Berkualitas

Komang Ayu Cahya Dewi
Komang Ayu Cahya Dewi (Foto : sportsmoment.id)

AntvTurnamen Indonesia Master 2023 dipastikan bakal kembali digelar dengan persaingan yang lebih berkualitas. Sejumlah pemain berkualitas dipastikan ikut serta dalam kompetisi yang akan berlangsung pada 5-9 September 2023 di GOR Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Turnamen ini masuk dalam level 6 kalender BWF World Tour Super 100.  "Ajang Indonesia Masters 2023 bakal menghadirkan persaingan yang lebih sengit dibanding turnamen Indonesia International Challenge pekan lalu.” tutur Armand Darmadji, Ketua Panpel Indonesia Masters 2023 dalam konferensi pers di Hotel Santika Premier Dyandra, Medan, pada Senin, 04 September 2023.

Ini bukan hanya karena level turnamennya lebih meningkat, tetapi juga karena para juara turnamen pekan lalu, siap bertarung kembali untuk menjadi yang terbaik. Juga ada pemain baru yang menambah gengsi kejuaraan," lanjutnya.

Turnamen terasa makin berkelas karena hadiahnya juga meningkat menjadi 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,5 miliar. Selain itu juga menyediakan poin rangking BWF yang lebih besar. Sang juara mendapat 5.500 poin, runner up 4.680 poin, dan semifinalis 3.850 poin.

"Pemain yang datang juga lebih berkualitas. Salah satunya Nozomi Okuhara, pemain asal Jepang yang saat ini menduduki rangking 28 BWF. Dia juga pernah jadi Juara Dunia 2017 di Glasgow dan juara All England 2016 dan 2021, serta memenangi Dubai World Super Series Finals 2015," ujar Armand.

Kejuaraan ini bakal dimeriahkan 292 pemain yang berdatangan dari 19 negara. Negara peserta tersebut adalah Australia, Bulgaria, Kanada, Inggris, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong China, India, Jepang, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Chinese Taipei, Amerika Serikat, dan tuan rumah Indonesia.

Dijelaskan oleh Armand, GOR Pancing juga siap menggelar kembali kejuaraan bulutangkis setelah pekan lalu menjadi tuan rumah turnamen Indonesia International Challenge yang telah berlangsung sukses. Animo masyarakat Medan untuk datang ke arena juga demikian besar.