Persaingan Ketat Jadikan BRI Liga 1 2023/2024 Kompetisi yang Berkualitas

Madura United vs Persija Jakarta
Madura United vs Persija Jakarta (Foto : Instagram @maduraunited.fc)

Antv – Kualitas BRI Liga 1 2023/2024 diakui oleh pemain asing yang bermain di kompetisi sepak bola kasta teratas ini. Persaingan ketat antar tim menjadikan kompetisi ini memiliki daya tarik tersendiri. Hal itu terlihat dari perolehan poin yang tipis di antara masing-masing tim pada tabel klasemen.

Sampai dengan pekan ke-9, Madura United sebagai pemuncak klasemen sementara saat ini memperoleh 19 poin dan hanya punya selisih dua poin saja dari peringkat kedua yang diduduki Barito Putera.

Barito Putera yang memiliki poin 17 di peringkat kedua juga tidak bisa bersantai karena Borneo FC dan RANS Nusantara yang ada di peringkat tiga dan empat hanya berselisih satu poin.

Di papan tengah persaingan juga tak kelah ketat. Dari peringkat lima hingga 8, semua hanya memiliki selisih satu poin saja. Selain itu, tim-tim favorit juara seperti Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung, ataupun Bali United harus merasakan perlawanan klub-klub lainnya seperti Dewa United, Persis Solo, Persik Kediri dan lain-lain.

Melihat tren tersebut, pemain asing anyar Persita Tangerang Christian Rontini merasakan kompetisi sepak bola di Indonesia sangat kompetitif. Dia menyimpulkan kualitas kompetisi di Indonesia lebih baik dari kompetisi sebelumnya yang ia jalani yakni Liga Malaysia bersama Penang FC.

Ia menyebut iklim kompetisi di Indonesia lebih terorganisasi. Selain itu, pemain asal Filipina itu menyebut, BRI Liga 1 2023/2024 cukup mendebarkan karena kerap merasakan pertandingan-pertandingan berkelas dan juga menghibur para penikmat sepak bola Indonesia.

"Level tim sudah berbeda, karena di Indonesia tim lebih terorganisasi. Di Malaysia, saya melihat jarak yang besar antara sepuluh tim terbawah dengan lima besar," kata Rontini dikutip dari salah satu media di Malaysia.