Tim Bertabur Bintang NBA, Negara Kanada Jadi Tim Pertama Mendarat di Jakarta Jelang FIBA World Cup

Kanada Tim Pertama yang datang di Jakarta jelang FIBA World Cup
Kanada Tim Pertama yang datang di Jakarta jelang FIBA World Cup (Foto : Panitia FIBA)

Antv Kanada menjadi tim pertama yang datang ke Jakarta menjelang kejuaraan FIBA World Cup 2023. Tim yang ditangani pelatih kepala Jordi Fernandez ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Senin (21/8/2023) dini hari WIB.

Sebelum datang ke Indonesia, Kanada menjalani laga pemanasan terakhir menjelang Piala Dunia Bola Basket 2023 melawan Republik Dominika di Granada, Spanyol, Sabtu (19/8/2023) dini hari WIB. Kanada kalah 88-94 setelah Fernandez, pada sebagian besar pertandingan, menurunkan pemain cadangannya melawan Dominika, yang diperkuat oleh bigman Minnesota Timberwolves Karl-Anthony Towns.

Delegasi Kanada berangkat dari Granada menuju Indonesia dengan menggunakan pesawat sewaan dan tiba pada tengah malam. Rombongan yang berisi 38 orang, terdiri dari perwakilan tim, para pemain, tim pelatih, dan tim medis keluar dari pesawat pada pukul 00.55 dini hari.

"Siap, kawan...siap (bermain di FIBA World Cup)," kata Kelly Olynyk, Center klub NBA Detroit Pistons sambil tersenyum saat disapa ketika berjalan menuju bus yang membawa mereka ke Hotel Fairmont, Jakarta.

Sebelum rombongan besar tiba, pelatih Kanada Jordi Fernadez telah tiba lebih dulu pada Minggu (21/8/2023) petang.

Kanada belum mengumumkan nama pemain untuk roster final di FIBA World Cup. Saat ini, ada 14 pemain dalam daftar tim mereka. Skuad Kanada berisi 12 pemain akan ditentukan menjelang Technical Meeting pada 24 Agustus.

Dalam daftar saat ini, ada tujuh pemain yang memperkuat tim-tim NBA. Sisanya bermain di klub-klub beken Eropa. Sementara satu pemain, Zach Edey, masih berstatus pemain NCAA dari Universitas Purdue. Center berpostur 2,24 meter ini mendapatkan bakat basket dari ibunya yang merupakan imigran China.