Laga Pembuka IIBI, Timnas Basket Indonesia Kalahkan Indonesia Patriots 82-56

Timnas Basket Indonesia jajal Indonesia Arena, Rabu 2 Agustus 2023
Timnas Basket Indonesia jajal Indonesia Arena, Rabu 2 Agustus 2023 (Foto : Perbasi)

Antv – Timnas bola basket Indonesia memulai kiprah di Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) dengan memetik kemenangan atas juniornya Indonesia Patriots. Yudha Saputera dkk mengalahkan Patriots 82-56 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023.

Walaupun menang, permainan timnas Indonesia belum memenuhi ekspektasi tim pelatih. Ini disampaikan oleh asisten pelatih Wahyu Widayat Jati.

"Dari statistik secara defense kita belum rapi. Begitu gampangnya mereka melakukan serangan untuk mencetak poin. Serangan mereka lewat pick and roll, tapi kita menutupnya masih kurang memuaskan," kata Cacing, sapaannya.

Sementara dari sisi offense, Cacing menilai kerja sama para pemain di timnas Indonesia belum padu. Para pemain yang datang belakangan seperti Derrick Michael, Marques Bolden, dan Zane Adnan dinilai masih canggung. Hal ini diamini oleh Yudha. Ia mengatakan, sejumlah pemain baru beberapa hari bergabung sehingga belum padu sebagai satu tim.

"Kita fokus untuk game selanjutnya melawan Suriah dan Uni Emirat Arab," kata Yudha.

Timnas Indonesia yang diisi para pemain peraih medali emas SEA Games Vietnam dan tambahan beberapa pemain IBL sempat mendapatkan perlawanan ketat pada awal game. Hingga kurang dari empat menit kuarter pertama habis, timnas Indonesia hanya unggul dua angka 13-11. Namun dengan sisa waktu yang ada, tim asuhan Milos Pejic menjauh dengan keunggulan 24-18 pada akhir kuarter pertama.

Baru pada kuarter kedua timnas Indonesia menunjukkan dominasinya. Tiga tembakan tiga angka dari Marques dan Zane membuat timnas Indonesia menjauh 33-21. Jerome Anthony Beane Jr kemudian mengacak-acak pertahanan Patriots. Rotasi pemain yang dibuat pelatih Youbel Sondakh tetap belum bisa mengangkat permainan Patriots. Kuarter kedua berakhir dengan timnas Indonesia 45-27.