Indonesia Di Peringkat Ketiga, Tiket ke Qatar Milik Filipina dan Malaysia

Indonesia  berada di posisi tiga FIBA U16 Asian Championships 2023
Indonesia berada di posisi tiga FIBA U16 Asian Championships 2023 (Foto : PP perbasi)

Antv –Timnas Indonesia U-16 telah berjuang keras di FIBA U-16 Asian Championship 2023 SEABA Qualifiers. Mereka mengalahkan Malaysia pada laga kedua di GOR Kertajaya Surabaya.

Sayangnya, satu kemenangan itu belum bisa menjadi modal mengunci tiket FIBA U-16 Asian Championship 2023 yang akan diselenggarakan di Doha, Qatar, pada 17-24 September 2023.

Sekalipun baik Indonesia, Malaysia, dan Thailand sama-sama koleksi kemenangan yang sama. Ini karena Indonesia kalah perhitungan poin dalam klasemen kecil. Klasemen kecil menjadi penentu tim yang lolos karena baik Malaysia, Indonesia, dan Thailand saling mengalahkan.

Dalam klasemen, setelah dihitung Indonesia surplus 1 poin. Sementara Malaysia surplus tiga angka, dan Thailand minus empat. Dengan perhitungan ini, Malaysia berhak satu tiket ke ajang yang akan diselenggarakan di Doha, Qatar, pada 17-24 September mendatang.

Mereka menemani Filipina sebagai penguasa klasemen usai menangi tiga pertandingan. Pelatih Timnas Indonesia U-16 Liem Filixs Bendatu mengatakan, secara hasil memang tidak sesuai yang diinginkan.

Sebab, dalam ajang ini Indonesia ingin mewujudkan tampil di ajang Asia September nanti. Namun demikian, dia tetap bangga dengan anak asuhnya. Mereka bisa menunjukkan permainan bagus dengan persiapan yang kurang ideal.

“Dengan latihan sekitar 10 hari, kita bisa melangkah seperti saat ini sudah sangat bagus. Para pemain juga mau mengeluarkan permainan terbaiknya. Semangat mereka bagus untuk berkembang,” jelas Filixs.