Ganjar-Mahfud Diduga Curang di Malaysia, TKN Prabowo-Gibran Lapor ke Bawaslu

Ganjar-Mahfud Diduga Curang di Malaysia, TKN Prabowo-Gibran Lapor ke Bawaslu
Ganjar-Mahfud Diduga Curang di Malaysia, TKN Prabowo-Gibran Lapor ke Bawaslu (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengaku mendapat laporan adanya surat suara di Malaysia yang sudah tercoblos pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Habiburokhman yang mengatakan bahwa TKN menerima informasi tersebut dan diperkirakan ada ribuan surat suara di Malaysia yang bahkan sedang dicoblos.

Ia juga menunjukan bukti video yang memperlihatkan kegiatan yang diduga sebagai kecurangan pemilu di Malaysia, dengan beberapa karung yang bertanda Pos Malaysia yang diduga berisikan surat suara untuk pemilihan legislatif dan presiden tahun 2024.

“Kami mendapat informasi yang amat dapat dipercaya soal dugaan adanya aktivitas pencoblosan sejumlah sekitar ribuan surat suara secara illegal untuk pemilih luar negeri di Malaysia, informasi tersebut disertai dengan bukti foto dan video, dan suara pilpres yang dicoblos itu adalah paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud,” kata Habiburokhman pada Selasa, (06/02/2024) di Jakarta.

TKN Prabowo-Gibran pun telah mengajukan permohonan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia untuk menginvestigasi tuduhan manipulasi pemilu melalui pencoblosan surat suara ilegal yang diduga terjadi di Malaysia.

"Kami minta Bawaslu untuk menindaklanjuti masalah ini secara hukum dan kami pun akan membuat laporan resmi ke Bawaslu RI sore ini juga," lanjutnya.

Habiburokhman berkeyakinan bahwa kegiatan ilegal tersebut melibatkan komite pemilihan luar negeri (PPLN) dan beberapa individu dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

Dia juga mengajak semua pihak yang terlibat dalam Pemilu 2024 mendatang untuk berlaku jujur dan etis.
"Janganlah melakukan kecurangan, apalagi menghalalkan segala cara untuk sekadar merebut kemenangan," katanya.

TKN Prabowo-Gibran Akan Bentuk Tim Pencari Fakta

Demi menyelidiki tuduhan manipulasi dalam Pemilu 2024 di Malaysia tersebut, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman, mengumumkan rencana pengiriman sebuah tim pencari fakta.

"Kemungkinan besok kami juga akan mengirimkan tim pencari fakta khusus ke Kuala Lumpur, Malaysia. Kami akan terbangkan tim, sekitar tiga atau empat orang untuk mencari tahu lebih mendalam tentang masalah ini," ungkap Habiburokhman.

Lebih lanjut, Habiburokhman menegaskan bahwa TKN Prabowo-Gibran tidak akan tinggal diam menghadapi segala jenis kecurangan dalam Pemilu 2024. Dia juga mengajak masyarakat untuk proaktif dalam memantau dan mendokumentasikan setiap kejanggalan yang terjadi selama pemilu.

Masyarakat juga diimbau untuk melaporkan temuan mereka kepada Bawaslu atau TKN Prabowo-Gibran, disertai dengan bukti yang relevan.

"Kami mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam mengawal proses pemilu. Setiap temuan kecurangan yang didokumentasikan harus segera dilaporkan untuk bisa diusut tuntas," tegasnya.

Inisiatif ini menunjukkan keseriusan TKN Prabowo-Gibran dalam memastikan proses pemilu berlangsung dengan jujur dan adil, serta komitmen mereka dalam menanggulangi dan memerangi segala bentuk kecurangan pemilu seperti dugaan kecurangan tercoblosnya suara untuk Ganjar-Mahfud.