Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral

Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral
Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral (Foto : Dok. Humas Pemprov Sulsel)

AntvKonsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, menemui Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis, 18 April 2024.

Kunjungan silaturahmi ini karena Marry Jennifer Dominggo Dingal baru saja bertugas untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Dalam pertemuan ini, Bahtiar memaparkan potensi besar Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam sumber daya manusia dan alam.

Ia juga mengaitkan potensi ini dengan dampak positif yang akan ditimbulkan oleh pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan, yang diperkirakan akan mengubah lanskap ekonomi regional secara signifikan.

"Penting bagi saya teman-teman seluruh dunia melihat perubahan landskap yang ada. IKN sebagai ibu kota, Jakarta menjadi kota bisnis. Sekarang Makassar menjadi kota terbesar yang dekat dengan IKN," ungkap Bahtiar.

Pj Gubernur Bahtiar mengungkapkan inisiatifnya untuk mengundang kedutaan besar di seluruh dunia untuk membuka konsulat di Makassar, yang merupakan daerah dengan pertumbuhan pesat dan memiliki peranan strategis.

Menyoroti hubungan dekat antara Filipina dan Indonesia, khususnya Sulsel, Bahtiar mendorong kerjasama regional di berbagai bidang. Seperti peternakan, pertanian, dan pariwisata. Sehingga dalam konteks global, kawasan memiliki kekuatan.

img_title
Pj Gubernur Bahtiar Memberikan Penjelasan Kedekatan Letak Geografis Sulsel dengan Filipina. (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Sebagai contoh, Bahtiar menyinggung program budidaya pisang cavendish di Sulsel yang belajar dari Davao, Filipina.

"Kerjasama kawasan itu baik dan penting. Misalnya sama-sama produksi beras dan pisang untuk pasar dunia. Maka produksinya harus skala besar agar memiliki nilai tawar ke kawasan lain," terang Bahtiar, menekankan pentingnya kerjasama regional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

img_title
Konsulat Jenderal Filipina Bersama Pj Gubernur Bahtiar Memperhatikan Letak Geografis Filipina-Sulsel. (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Untuk mendukung kerjasama ini, Bahtiar mendorong dibukanya penerbangan langsung dari Makassar ke Filipina, yang akan memudahkan penyaluran logistik dan transportasi manusia.

Sementara itu, Konsul Marry Jennifer Domingo menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap inisiatif yang diambil oleh Sulsel.

"Sebenarnya pertemuan pertama kami dengan Gubernur Sulsel karena saya baru. Merupakan kebiasaan kami para pemimpin untuk bertemu dengan pemimpin di wilayah jurisdiksi kami. Kami berbasis di Manado dan Sulsel merupakan bagian dari wilayah jurisdiksi kami, untuk itu kami mengadakan courtesy call ini," jelasnya.

Ia mengungkapkan, bersama Pj Gubernur Bahtiar, pihaknya membahas mengenai banyak hal, terutama pada potensi untuk kerja sama ke depan.

"Ini kurang lebih seperti meet and greet. Saya datang untuk menemui Bapak Gubernur dan saya sangat senang karena beliau sangat ramah dalam menyambut saya dan tim saya di gedung yang sangat mewah dan bersejarah ini. Saya rasa kita sudah membangun hubungan yang baik dan kesempatan ke depan," tuturnya.