Imbas Keributan Final SEA Games 2023, Indonesia dan Thailand Disanksi Komdis AFC

Keributan di Laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand
Keributan di Laga Timnas Indonesia U-22 vs Thailand (Foto : Twitter @idextratime)

AntvKomite Disiplin Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi telah menjatuhkan sanksi untuk Indonesia dan Thailand imbas keributan yang terjadi di Final SEA Games 2023 Kamboja.

Pertandingan yang berakhir untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22 tersebut diwarnai berbagai insiden keributan yang melibatkan para pemain, pelatih, hingga official kedua tim.

img_title
Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. (Foto: Dok. PSSI)

Akibatnya, Komdis AFC pada Rabu, 12 Juli 2023 kemarin telah merilis sanksi untuk Indonesia dan Thailand. hasilnya, sebanyak 15 orang terkena sanksi hingga harus membayar denda yang mencapai Rp268 juta untuk kedua tim.

Sebanyak enam orang mulai dari pemain, pelatih kiper hingga ofisial Timnas Indonesia U-22 harus harus terkena sanksi AFC.

Dua pemain tim Garuda Muda, Titan Agung dan Komang Teguh Trisnanda dijatuhi sanksi larangan bermain dalam enam pertandingan plus denda US$1000 atau sekitar Rp14 juta. Ini dikarenakan keduanya dinyatakan melakukan pelanggaran serius terhadap Pasal 47 dan 38.2.4 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Sanksi yang sama berupa larangan mendampingi tim dan denda juga diberikan kepada ofisial Timnas U-22, Tegar Diokta Andias dan pelatih kiper Sahari Gultom.