Masuk Pot 1 Undian Piala Dunia U-17, Indonesia Terhindar dari Kandidat Kuat Juara

Ilustrasi Trofi Piala Dunia U-17
Ilustrasi Trofi Piala Dunia U-17 (Foto : FIFA)

AntvIndonesia masuk dalam pot A pengundian fase grup Piala Dunia U-17. Skuad Garuda Nusantara dipastikan terhindar satu grup bersama tiga negara unggulan usai berada dalam pot yang sama bersama Brasil, Prancis, Meksiko, Spanyol dan Jepang.

Tentu, ini merupakan keuntungan bagi Indonesia usai berada dalam pot yang sama dengan tim yang pernah merasakan juara di ajang ini.

Sebut saja Brasil, mereka berhasil menyabet juara Piala Dunia U-17 sebanyak dua kali yang masing-masing terjadi pada tahun 1985 dan 2019 yang menjadi tahun terakhir perhelatan kompetisi ini.

Selain Brasil, Prancis dan Meksiko juga pernah menjuarai ajang ini. Prancis menjadi yang terbaik pada 2001, sementara Meksiko lebih hebat lagi dengan juara dua kali pada 2005 dan 2011.

Total sebanyak 24 tim peserta Piala Dunia U-17 dibagi ke dalam 4 pot yang masing-masing berisi 6 tim. Mereka akan dibagi ke dalam enam grup (Grup A-F) yang masing-masing berisi 4 tim.

Drawing Piala Dunia U-17 bakal dilaksanakan di Jakarta. Namun hingga kini belum dipastikan secara resmi kapan tanggal pengundian tersebut dilaksanakan.

Piala Dunia U-17 akan menjadi pengalaman pertama Indonesia ikut dalam kompetisi ini sejak pertama digelar pada tahun 1985 saat masih digulirkan dengan kategori usia U-16. Kategori U-17 baru digunakan pada edisi 1991 atau edisi ke-4 di Italia.