Klub Milik Anindya Bakrie, Bangun Stadion Baru di Inggris, Mengusung Tema Ruang Terbuka Hijau

Bocoran kawasan terbuka hijau Stadion baru Oxford United Liga Inggris
Bocoran kawasan terbuka hijau Stadion baru Oxford United Liga Inggris (Foto : Oxford United)

Antv – Klub sepakbola League One Inggris, Oxford United memulai misi membangun Stadion baru dengan kapasitas lebih besar. Penasaran fans Oxford terjawab dengan diumumkannya maket pertama Stadion Oxford yang bernuansa ruang terbuka hijau.

Oxford United merupakan klub yang juga dimiliki Pengusaha Indonesia Anindya Bakrie dan juga Erick Thohir. Saat ini Oxford bermarkas di Stadion Kassam dengan kapasitas 12.500 penonton. Sayangnya Stadion Kassam bukan milik Oxford, hanya menyewa tanah dari pemerintah setempat yang hak sewanya akan berakhir 2026.

Stadion baru rencananya akan berkapasitas 18 ribu penonton dan bermarkas di kawasan Strarfield Brake, Kidlington. Situs resmi Oxford sudah membocorkan maket awal merupakan ruang terbuka hijau dan dapat diakses serta dinikmati masyarakat sepanjang tahun.

Ruang terbuka di stadion sedang dirancang untuk melayani masyarakat lokal, dan pengunjung situs, memberikan koneksi yang kuat ke pinggiran kota sekitarnya. Oxford United FC telah menunjuk tim spesialis Ekologi, Keanekaragaman Hayati, dan landscape terkemuka untuk memastikan bahwa pilar dasar proyek ini dikembangkan sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan.

Dijelaskan, keanekaragaman hayati adalah keragaman semua kehidupan di Bumi dan mencakup semua spesies hewan, tumbuhan, dan sistem alam yang mendukungnya. Keanekaragaman hayati penting karena mendukung manfaat vital yang kita dapatkan dari lingkungan alam, dan berkontribusi pada ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan, dan memperkaya kehidupan kita.

"Visi kami adalah untuk mendukung visi pemerintah Inggris bahwa pada tahun 2050 tanah dan laut kita akan kaya akan satwa liar, keanekaragaman hayati kita akan dihargai, dilestarikan, dipulihkan, dikelola secara berkelanjutan dan lebih tangguh serta mampu beradaptasi terhadap perubahan, memberikan layanan penting dan memberikan manfaat bagi semua orang," jelas situs resmi oufc.