Drawing Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Satu Grup Bersama Raksasa Asia

Timnas Indonesia optimistis juara di Piala AFF 2022
Timnas Indonesia optimistis juara di Piala AFF 2022 (Foto : PSSI)

AntvDrawing pembagian grup Piala Asia 2023 telah rampung dilaksanakan di Qatar pada Kamis, 11 Mei 2023 sore WIB. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Sebanyak 24 negara yang terbagi dalam enam grup akan bersaing untuk menjadi dua tim terbaik di setiap grup dan peringkat ketiga terbaik di beberapa grup bakal memperebutkan tiket babak 16 besar dalam kompetisi yang akan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Indonesia menempati pot 4 bersama lima negara lain dengan posisi ranking FIFA terendah. Hasil drawing memastikan tim Merah Putih berada di Grup D dan satu grup dengan Vietnam, Irak, dan Jepang.

Lantaran berada di pot 4, nama Indonesia lebih dahulu diambil dibanding negara-negara lain di Grup D. Setelah itu secara beruntun nama Vietnam, Irak, dan Jepang.

Drawing Piala Asia 2023 dilakukan Sekjen AFC Datuk Seri Windsor John dengan asisten sederet legenda sepak bola Asia yakni Tim Cahill, Server Djeparov, Park Ji Sung, Hassan Al Haydos, Yoshimi Yamashita, Maymol Rocky, dan Sun Wen.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah melewati kualifikasi yang berakhir pada 14 Juni 2022. Ketika itu Indonesia menempati posisi runner up grup, berada di bawah Jordania serta di atas Kuwait dan Nepal.