PSSI Batal Gelar Piala Indonesia 2022/2023, Faktor Tak Ada Sponsor?

Piala Indonesia
Piala Indonesia (Foto : (Foto: Goal))

Antv – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa, Piala Indonesia 2022/2023 kemungkinan besar batal digelar dengan berbagai pertimbangan.

Padatnya jadwal Liga 1 2022/2023 dan tidak adanya sponsor menjadi dua alasan utama yang membuat kompetisi tersebut batal digelar.

“Kelihatannya kemungkinan besar nggak digulirkan (Piala Indonesia). Karena waktu, padatnya jadwal. Yang terpenting sponsor," kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dikutip dari laman Goal pada Senin, 29 Agustus 2022.

"Sponsor mungkin situasi selesai Covid-19. Mungkin tahun depan Insya Allah. Tahun ini kemungkinan besar tidak digelar," sambungnya.

Artinya, klub-klub dari semua kasta Liga Indonesia tidak akan bertemu satu sama lain di kompetisi piala. Padahal, ajang ini memberi satu tiket ke Kualifikasi AFC Cup 2023.

Parahnya, Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak menggelar kejuaraan piala domestik. Malaysia, sebagai negara tetangga bahkan telah mencapai babak final untuk menentukan juara dan menjadi wakil di AFC nanti.

Sementara itu, Filipina justru jauh lebih cepat. United City FC sudah memastikan diri sebagai juara kompetisi piala. Adapun kompetisi piala domestik di Kamboja dan Vietnam sudah berjalan hingga babak perempat final.