Persipura Jayapura Siap Ikuti Lanjutan Kompetisi Liga 1 Musim 2020

Persipura pemain recovery
Persipura pemain recovery (Foto : )
Persipura Jayapura siap ikuti lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020. Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago mengaku belum mengetahui waktu pelaksanaan kompetisi Liga 1 2020.
Kompetisi Sepakbola Liga 1 dipastikan akan bergulir kembali setelah PSSI memutuskan untuk melanjutkan roda kompetisi yang terhenti sejak pertengahan Maret 2020. Saat itu kompetisi Liga 1 baru memasuki pekan ketiga ketika dihentikan akibat wabah Pandemi virus Corona.Kompetisi Liga 1 2020 dipastikan bisa berlanjut, setelah sebelumnya PSSI melakukan rapat secara virtual dengan seluruh pihak yang terlibat di dunia sepak bola. PSSI memberikan isyarat untuk menggelar kembali roda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 antara bulan September dan Oktober, setelah menggelar rapat darurat dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (17/6/2020).Namun hingga kini PSSI belum menginformasikan secara pasti kapan waktu pelaksanaan kompetisi Liga 1 bisa digulirkan lagi. PSSI hanya memberikan bocoran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa diputar pada bulan September atau Oktober 2020.Hal ini diakui oleh pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago yang mengatakan sampai dengan saat ini manajemen tim Persipura dan PSSI belum memberikan informasi kapan waktu pelaksanaan Liga 1 dilanjutkan."Saya belum mengetahui secara pasti waktu pertandingan Liga 1 bergulir," kata Jacksen Tiago.Padahal semua anggota klub peserta Liga 1 perlu kejelasan tanggal pelaksanaan kembali kompetisi Liga 1 agar bisa menyusun program dan materi latihan yang nantinya diterapkan ke timnya masing-masing.Menurut Jacksen, ketidakpastian tersebut membuat dirinya harus menunggu terlebih dahulu sebelum memberikan instruksi kepada anak asuhnya."Yang pasti saya belum bisa memperkirakan semuanya, kami harus tahu terlebih dahulu tanggal kick off Liga 1. Tanpa itu, bagi saya tidak ada yang pasti," kata Jacksen Tiago.Meski demikian tim Persipura Jayapura dalam kondisi siap karena sudah menjalankan persiapan sejak Liga 1 dihentikan Maret 2020. Jacksen memberikan instruksi kepada semua pemainnya untuk tetap menjalankan latihan mandiri."Kami (Persipura) memang sejak Liga 1 berhenti tetap rutin melakukan latihan. Pemain-pemain hanya diberikan waktu libur latihan hari Sabtu dan Minggu," tutur mantan pelatih Barito Putera tersebut.[caption id="attachment_341022" align="alignnone" width="900"]
Persipura Jayapura Persipura Jayapura dalam kondisi siap menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1 karena para pemain sudah menjalankan latihan mandiri sejak Liga 1 dihentikan Maret 2020. (Foto : Persipura)[/caption]Meskipun kompetisi Liga 1 saat ini masih belum jelas statusnya, Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago tetap memberikan program latihan untuk anak asuhnya. Menurut Jacksen selama masa pandemi virus Corona, Boaz Solossa dan kolega tetap rutin menjalani latihan secara mandiri dari rumah masing-masing.Pelatih berpaspor Brasil ini menuturkan tim Persipura Jayapura tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya tanpa ada rasa jenuh, meskipun sudah cukup lama menganggur."Masih menjadi hal yang biasa selama ini. Anak-anak tetap latihan menjaga kebugaran," tutur Jacksen.Jacksen mengatakan jika dirinya masih ragu dengan kepastian status kompetisi Liga 1 yang kabarnya akan kembali digelar antara 18 September atau 1 Oktober 2020. Karena itu Jacksen belum memiliki rencana dalam waktu dekat untuk mengumpulkan kembali para pemainnya di Persipura Jayapura, sebelum PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) merilis jadwal resmi Liga 1 2020.