Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

banjir gorbogan new
banjir gorbogan new (Foto : )

www.antvklik.com-Jebolnya tanggul di Desa Ploso Harjo, Tawangharjo Grobogan, Jawa Tengah, pada Jumat (17/11/2017) membuat ratusan warga desa Mayahan, yang lokasinya berdekatan dengan tanggul terendam banjir. Jebolnya tanggul diduga terjadi karena tidak mampu menahan derasnya air dari hulu sungai Lusi.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Agus Sulaksono ketika dihubungi via telepon dari Kudus, Jumat, mengungkapkan tanggul yang jebol merupakan saluran irigasi namun karena tingginya debit air yang harus ditampung mengakibatkan tanggul saluran irigasi di Desa Ploso Kecamatan Tawangharjo jebol sepanjang lima meteran.

 

Akibat luapan air dari jebolnya tanggul, ratusan rumah warga di dua dusun Desa Mayahan, terendam air dengan ketinggian mencapai 60 centi meter. Sejumlah warga berupaya menyelamatkan barang milik mereka, ke tempat yang lebih tinggi.

 

Petugas dari polsek dan koramil Tawangharjo, langsung terjun kelapangan untuk melihat kondisi warga yang, terkena dampak jebolnya tanggul serta memberikan bantuan tenaga.