Sungai Meluap, 999 KK dan 999 Rumah Warga Terendam Banjir

Sungai Meluap, 999 KK Terendam Banjir
Sungai Meluap, 999 KK Terendam Banjir (Foto : Dok. BNPB)

Antv – Sebanyak 999 kepala keluarga (KK) dari empat wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, rumahnya terendam banjir akibat meluapnya air Sungai Rokan Kanan ke permukiman warga.

Sungai tersebut meluap akibat hujan dengan intensitas deras mengguyur wilayah tersebut sejak, Selasa (21/3/2023) kemarin.

"Empat wilayah yang terdampak banjir antara lain Desa Babussalam, Pematang Berangan, Koto Tinggi dan Kelurahan Pasir Pengairan. 999 Kepala Keluarga dan 999 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian muka air antara 70 hingga 150 sentimeter. Selain itu, dua fasilitas ibadah dan beberapa segmen jalan pun ikut terendam," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari kepada wartawan, Rabu (22/3/2023).​

Abdul Muhari juga menyebut, BPBD Kabupaten Rokan Hulu bersama tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan, penanganan, dan mengevakuasi masyarakat yang terdampak.

"Beberapa perahu karet diterjunkan. Ini untuk mempermudah pergerakan masyarakat," ujarnya.

Menanggapi adanya potensi hujan lebat pada wilayah tersebut, BNPB mengimbau pemerintah daerah melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan.

Langkah itu misalnya penguatan tanggul menggunakan karung berpasir disekitar daerah aliran sungai untuk mengurangi luapan debit air.

"Kemudian bagi masyarakat yang tinggal di sepadan sungai agar membentuk tim penanganan bencana tingkat desa. Termasuk memantau informasi cuaca dan debit air sungai secara aktual untuk mengurangi potensi risiko ketika terjadi banjir," katanya.