Sumut dan Aceh Tuan Rumah PON 21 Tahun 2024

Gubernur Aceh dan Sumut pon 21 2024
Gubernur Aceh dan Sumut pon 21 2024 (Foto : )

Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darusalam terpilih sebagai tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional ke 21 tahun 2024 dalam voting (pemungutan suara) Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Selasa (24/4). Sebanyak 34 voter yang mewakili 34 provinsi di Indonesia memilih Sumut dan Aceh dengan perolehan 24 suara. Bali da NTB 24 suara dan Kalimantan Selatan yang hanya mengantongi 2 suara.

Sebelumnya, Sidang nomor undian pemaparan dipimpin oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman. Dalam urutan ketiga, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf memaparkan kesiapan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah dalam menggelar event tersebut. Setelah sebelumnya Bali-NTB dan Kalimantan Selatan memaparkan persiapan wilayah yang dipimpinnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hj. Nurhajizah Marpaung mengatakan bersyukur atas terpilihnya Sumut dan Aceh yang terpilih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional Ke 21 pada tahun 2024. Menurutnya, prioritas pembangunan sarana prasarana akan dipersiapkan. “Saya akan segera menyiapkan sarana dan Prasarana dalam menyiapkan PON 21 tahun 2024 dan kita buatkan lapangan sepakbola baru berataraf internasional.

Kita akan berkoordinasi kepada semua pihak agar penyelenggaraan PON nanti berjalan baik, aman dan sukses”, ujarnya. Nurhajizah menambahkan ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan. Selain menggelar pertemuan Pra PON , dana segar sekitar 3 trilyun tengah akan digelontorkan dalam penyelenggaraan ini. Lebih jauh, mengenai tuan rumah bersama Aceh, pihaknya akan membahas mengenai cabang-cabang yang dilombakan antar kedua provinsi.

Pensiunan wanita berpangkat Brigadir Jendral ini mengaku, sudah mempersiapkan Sumut sejak dua tahun lalu. Berbagai persiapan teknis dan non teknis telah dikomunikasikan bersama tetangga provinsi terdekat Nangroe Aceh Darusalam. “Kami sudah berkoordinasi bukan baru-baru ini bersama Aceh. Akan kita bagi cabang yang dilombakan. Sumut 28 dan Aceh demikian,” tegas Nurhajizah.

Menjadi catatan, tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional untuk pertama kalinya ditahun 2024. Untuk PON XX 2020 provinsi Papua masih diselenggarakan oleh provinsi di ujung timur Indonesia, Papua.