Berikut Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharam 1440 H yang Harus Kamu Ketahui

puasa
puasa (Foto : )
www.antvklik.com
- Bulan Muharam sekaligus sebagai tanda tahun baru Islam yang jatuh pada Selasa (11/9) lalu jadi salah satu bulan suci bagi umat Islam setelah Ramadhan.Begitu istimewanya, keutamaan puasa Asyura atau puasa 10 Muharram, dijanjikan terhapus dosa umat islam selama satu tahun.Bulan ini juga sering disebut dengan lebaran bagi yatim piatu dan fakir miskin dan menjadi bulan pertama di tahun Hijriah.Puasa Asyura sendiri dilakukan pada hari kesepuluh dari bulan Muharam yang jatuh pada hari Kamis, 20 September 2018. Namun akan lebih baik jika ditambah pada hari kesembilan Muharam.Lalu, apa saja keutamaan puasa Asyura yang harus kita ketahui untuk menambah semangat melakukan puasa tersebut? Berikut jawabannya dilansir laman
rumaysho:

1. Puasa di bulan Muharam adalah sebaik-baiknya puasa.

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharam. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam" (HR. Muslim no.1163)

2. Puasa Asyura menghapuskan dosa setahun lalu

"Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).Kata Imam Nawawi Rahimahullah, pengampunan dosa di sini maksudnya adalah dosa kecil sebagaimana beliau menerangkan masalah pengampunan dosa ini dalam pembahasan wudhu.