Jadi Google Doodle, INI Profil dan Biodata Aminah Cendrakasih, Ikon Mak Nyak Si Doel Anak Sekolahan

Jadi Google Doodle, INI Profil dan Biodata Aminah Cendrakasih, Ikon 'Mak Nyak' di Si Doel Anak Sekolahan
Jadi Google Doodle, INI Profil dan Biodata Aminah Cendrakasih, Ikon 'Mak Nyak' di Si Doel Anak Sekolahan (Foto : Kolase Istimewa)

AntvGoogle Doodle hari ini, Senin (29/1/2024), menampilkan sosok Aminah Cendrakasih, aktris legendaris Indonesia yang dikenal lewat perannya sebagai Mak Nyak di 'Si Doel Anak Sekolahan'.

Gambar Google Doodle itu sendiri menampilkan sosok Aminah Cendrakasih dengan karakter ikoniknya yang mengenakan kerudung khas wanita Betawi.

Kemunculan legenda bintang film Indonesia itu, sebagai Google Doodle adalah bentuk penghormatan kepada Aminah Cendrakasih yang telah meninggal dunia pada 21 Desember 2022.

Profil dan Biodata

Hajjah Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak lahir di Magelang pada 29 Januari 1938, memulai kariernya di dunia film, memerankan karakter sebagai gadis manja dan judes.

Peran judes tersebut bertentangan dengan pembawaannya sehari-hari.

Putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini telah banyak terlibat di puluhan judul film Indonesia sejak tahun 1955.

Popularitasnya meroket saat memerankan penari di Serampang 12 (1956) bersama Nun Zairina.

Selama 50 tahun berkarier, Aminah Cendrakasih tercatat telah membintangi lebih dari 100 film.

Beberapa film yang pernah dibintangi Aminah Cendrakasih adalah Benyamin Raja Lenong pada tahun 1975, Gadis Telepon pada tahun 1983 dan Masih Adakah Cinta pada tahun 1980.

Selain bermain film, Aminah Cendrakasih juga mulai bekecimpung di dunia sinetron sejak tahun 1992.

Debut sinetron pertama Aminah Cendrakasih adalah Rumah Masa Depan yang tayang di TVRI.

Mak Nyak, sapaan akrab Aminah Cendrakasih juga pernah membintangi sejumlah iklan.

Nama Aminah Cendrakasih semakin melejit saat dirinya berperan sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994).

Kemudian, Aminah kembali menjadi Mak Nyak di film seri Si Doel meski kondisi tubuhnya hanya bisa membuatnya akting dengan berbaring karena penyakit yang dideritanya.

Bahkan hingga akhir hidupnya, Aminah Cendrakasih masih memberikan sentuhannya pada karakter Mak Nyak di Si Doel The Series.

Di tahun 2012, Aminah Cendrakasih menerima penghargaan Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung.

Kemudian di tahun 2013, Aminah kembali mendapatkan penghargaan serupa dari Indonesian Movie Awards.

Lalu, di tahun 2019, Aminah juga mendapat penghargaan Piala Maya kategori Penampilan Singkat nan Berkesan atas perannya di Si Doel the Movie.

Aminah menikah dengan pria bernama Idris di tahun 1959. Dari pernikahannya tersebut, Aminah dan Idris dikaruniai 7 orang anak, yakni 4 putra dan 3 putri.

Mak Nyak mengatakan bahwa anak-anaknya tersebut juga memiliki bakat dalam seni peran. Walau begitu, ia tak mengharuskan anak-anaknya mengikuti jejaknya untuk bermain film.

Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak harus terbaring di tempat tidur karena kelumpuhan akibat terjatuh dari kamar mandi dan penyakit glaukoma yang dideritanya.

Penyakit glaukoma yang menyerang Mak Nyak diakibatkan adanya kerusakan saraf optik yang disebabkan akibat tekanan di dalam mata yang disebabkan karena diabetes.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia di usia 84 tahun. Mak Nyak meninggal dunia setelah sempat berjuang melawan penyakit glaukoma hingga mengalami kehilangan penglihatan sejak 2007 silam.