Sutradara AS Martin Scorsese Kecam Sistem Waralaba dalam Film Box Office

Martin Scorsese
Martin Scorsese (Foto : Instagram/martinscorsese_)

Antv – Sutradara asal Amerika Serikat Martin Scorsese belum lama ini menyampaikan pendapatnya mengenai film dengan sistem waralaba atau dengan menggunakan ‘budaya’ komik.

Ia terang-terangan berbicara keras menentang dominasi film komik dan budaya waralaba di industri perfilman.

Dalam wawancara baru dengan GQ, sutradara pemenang Academy Award ini menyesali pengaruh buku komik dan film waralaba di masa kini dan mendesak para pembuat film untuk ‘melawan’ tren ini dengan memperjuangkan orisinalitas.

"Bahayanya adalah dampaknya terhadap budaya kita. Karena akan ada generasi sekarang yang menganggap film hanya sekedar itu saja — itulah yang terjadi film adalah... Yang berarti kita harus melawan dengan lebih kuat. Dan itu harus datang dari tingkat akar rumput. Itu harus datang dari para pembuat film itu sendiri,” ujar Martin, dikutip Selasa, 29 September 2023.

“Dan Anda akan memiliki, Anda tahu, Safdie bersaudara, dan Anda' akan ada Chris Nolan, kamu paham maksudku? Dan pukul mereka dari semua sisi. Pukul mereka dari semua sisi, dan jangan menyerah. Mari kita lihat apa yang kamu punya. Keluarlah dan lakukanlah. Temukan kembali. Don Saya tidak mengeluh. Tapi itu benar, karena kita harus menyelamatkan bioskop," sambungnya.

img_title
Martin Scorsese. (Foto: Instagram/martinscorsese_)

Dalam wawancara sebelumnya beberapa tahun lalu, sutradara tersebut mendapat perhatian media yang signifikan karena membandingkan film Marvel dengan taman hiburan dan mengatakan bahwa itu bukan bioskop.