11 Fakta Menarik FIlm 'Barbie' yang Tayang Hari Ini, Ada Dua Lipa Jadi Putri Duyung

11 Fakta Menarik FIlm 'Barbie' yang Tayang Hari Ini
11 Fakta Menarik FIlm 'Barbie' yang Tayang Hari Ini (Foto : Tangkap Layar)

AntvFilm Barbie akhirnya tayang di Indonesia hari ini, Rabu (19/7/2023). Dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai Barbie dan Ken, film ini menjadi yang paling dinantikan banyak orang di tahun ini.
 
Film produksi Warner Bros bersama Mattel Films ini disutradarai oleh Greta Gerwig dengan penulis naskah Noah Baumbach.

Sementara itu, Mattel sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi boneka Barbie.

Berikut ini fakta menarik dari film Barbie:

1. Dibintangi pemeran Harley Quinn

Margot Robbie merupakan pemeran Harley Quinn yang fenomenal. Aksinya dalam film Suicide Squad (2016) membuat namanya semakin dikenal.

Kini, Margot berperan sebagai pemain utama film Barbie yang tayang tahun ini. Uniknya, sosoknya mampu memerankan karakter yang fenomenal seperti Harley Quinn, ataupun karakter yang manis seperti Barbie.

2. Film live action Barbie pertama

Film ini menjadi film live action Barbie yang pertama kalinya. Film garapan sutradara Lady Bird (2017) ini menampilkan pemeran utama Barbie yang beambut pirang dengan mata biru, sertn beragam karakter dari boneka-boneka Barbie.

Margot Robbie juga beradu akting bersama para aktor termasuk Ryan Gosling. Suami Eva Mendes itu diketahui berperan menjadi Ken dalam film Barbie.

3. Ryan Gosling sempat menolak

Meski mendapatkan tawaran pemain sentral kedua, Ryan Gosling rupanya pernah menolak peran ini. Alasannya, Ryan Gosling memiliki jadwal syuting yang terlalu padat.

Namun karena adanya penundaan tayang dari 2020 menjadi 2023, akhirnya Ryan pun menyanggupinya. Penundaan ini menjadi kesempatannya mengeksplor diri sebagai Ken.

4. Aktor dan artis ternama

Barbie tak hanya diperankan dari kalangan aktor dan artis, tetapi juga penyanyi. Emma Mackey yang membintangi series Sex Education, di mana ia berperan di dalamnya. Emma menjadi Barbie Fisikawan.

Selain itu, Alexandra Shipp berperan sebagai Barbie Penulis. Adapun Barbie Pengacara yang diperankan oleh Sharon Rooney. Kemudian, Nicola Coughlan berperan sebagai Barbie Diplomat. Ana Cruz Kayna berperan sebagai Barbie Hakim.

5. Dilarang tayang di Vietnam

Vietnam melarang penayangan Barbie. Alasannya, Barbie menampilkan peta laut China Selatan yang diklaim secara sepihak oleh Pemerintah China.

Peta di film tersebut berupa gambar yang menunjukkan sembilan garis putus-putus berbentuk U. Garis itu mengilustrasikan klaimnya atas sebagian besar Laut China Selatan.

6. Telan Biaya Triliunan

Pembuatan film Barbie beserta promosinya menelan biaya hingga USD145 juta atau sekitar Rp2,17 triliun. Biaya ini termasuk menawarkan kesempatan pada penggemar untuk tinggal di rumah impian Barbie di Malibu, serta rangkaian kegiatan pop-up di beberapa kota di Chicago.
 
Film Barbie juga bekerja sama kemitraan dengan lebih dari 100 merek sebagai bentuk promosi.
 
7. Adaptasi Boneka Legendaris

Barbie diadaptasi dari karakter boneka legendaris bernama sama yang diproduksi oleh Mattel. Boneka mode yang menjadi mainan utama banyak anak perempuan di dunia ini sebenarnya bernama asli Barbara Millicent Robert dan diciptakan oleh Ruth Handler.
 
Boneka Barbie pertama kali diluncurkan tanggal 9 Maret 1959. Kemudian, boneka itu berkembang menjadi ikon dari Mattel hingga saat ini. Sejarah perkembangan inilah yang menjadi hal penting dalam cerita dan konflik film Barbie.
 
8. Latarnya di Dua Dunia

Latar utama film Barbie berada di dua dunia, yakni Barbie Land yang menjadi tempat tinggal varian Barbie bersama teman-temannya, serta dunia nyata yang merupakan tempat Barbie bersama Ken mencari jati diri mereka.
 
Kedua dunia tersebut sangat berbeda, terutama jika dibandingkan dari nasib perempuan dan laki-laki.
 
9. Dua Lipa Jadi Putri Duyung

Dua Lipa tidak hanya mengisi soundtrack film Barbie. Penyanyi sekaligus aktris berkebangsaan Inggris ini juga turut berpartisipasi dalam film tersebut. Ia memerankan Barbie versi Putri Duyung berambut biru yang bersumber dari film Barbie Dreamtopia pada 2018.
 
10. Ada Boneka Lain

Dalam film Barbie, Sobat Medcom akan melihat penampilan boneka lain yang pernah diproduksi Mattel. Boneka tersebut antara lain Midge (Emerald Fennell) dan Allan (MIchael Cera). Keduanya memiliki peran penting dalam cerita.
 
11. Perbedaan Varian Barbie dan Ken

Terdapat sejumlah varian Barbie dan Ken yang diciptakan berdasarkan pendekatan berbeda-beda. Misalnya, karakter Barbie dapat dibedakan berdasarkan profesi masing-masing.

Ada Barbie Presiden (Issa Rae), Barbie Penulis (Alexandra Shipp), Barbie Putri Duyung (Dua Lipa), dan lainnya.
 
Sedikit berbeda dengan Barbie, Ken tidak memiliki ciri khas maupun profesi yang berbeda. Mereka hanya dibedakan dari wajah. Pasalnya, varian tersebut memang sejak awal digambarkan sebagai ‘Cuma Ken’.