Pemkab Mukomuko Izinkan Warung Makan Buka Siang Hari saat Puasa, Tapi Dilarang Vulgar

Pemkab Mukomuko Izinkan Warung Makan Buka Siang Hari saat Puasa
Pemkab Mukomuko Izinkan Warung Makan Buka Siang Hari saat Puasa (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) daalm hal ini Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengizinkan warung makan buka siang hari saat bulan Ramadan tetapi jangan vulgar atau terang-terangan menampakkan aktivitasnya.

"Kalau edaran dari pemda tidak ada, tetapi kalau dari Satpol PP, warung makan boleh berjualan makanan cuma jangan vulgar," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mukomuko Suryanto di Mukomuko, seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/3/2023).

Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mukomuko mengizinkan semua warung makan dan restoran buka pada siang hari saat bulan Ramadan karena tidak semua orang di daerah ini yang berpuasa di bulan Ramadan.

Untuk itu, katanya, warung masih boleh menjalankan usahanya tetapi warungnya harus tertutup pakai tirai sehingga tidak kelihatan aktivitas orang makan di dalam warung oleh masyarakat di luar.

Selain itu, katanya, terkait kebijakan terhadap tempat usaha makan di siang hari saat bulan Ramadan di kecamatan lain tergantung kebijakan dari setiap pemerintah kecamatan masing-masing.

Ia mengatakan, sebagai pemerintah daerah setempat, selagi izinnya lengkap dan tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) silahkan saja melakukan aktivitas usahanya.

Terhadap warung makan yang sama sekali tidak menghargai orang yang berpuasa saat bulan Ramadan, ia mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi penutupan warung tersebut.