Jadi Google Doodle Hari Ini, Begini Sosok Didi Kempot 'Godfather of Broken Hearts' Koplo

Begini Sosok Didi Kempot 'Godfather of Broken Hearts' Koplo
Begini Sosok Didi Kempot 'Godfather of Broken Hearts' Koplo (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Sosok Didi Kempot hari ini, Minggu (26/2/2023), jadi Google Doodle, untuk mengenang legenda Koplo yang seorang master musik campursari Jawa yang dijuluki "Godfather of Broken Hearts".

Tepat pada tanggal 26 Februari tahun 2020, atau 3 tahun lalu, penyanyi bernama asli Dionisius Prasetyo itu menerima Billboard Indonesia Lifetime Achievement Award.

Billboard Lifetime Achievement Award adalah penghargaan yang diberikan oleh majalah Billboard kepada seorang artis yang memiliki karir luar biasa, mencakup kontribusi artistik dan pribadi yang berdampak besar pada musik di seluruh dunia.

Hal ini karena Lagu-lagu Didi Kempot yang berisikan lirik dan aransmen musik romantis dan kadang menyaratkan patah hati. Didi Kempot diketahui telah menulis lebih dari 700 lagu sepanjang karirnya yang produktif dengan lirik bahasa Jawa, di antaranya Sewu Kutha, Tanpa Sliramu, Stasiun Balapan, Kalung Emas, Kopi Lampung, Sekonyong-konyong koder, Eling kowe, dan Manuk Cucak Rawa.

Didi kempot bahkan pernah mengcover lagu lagu Ada apa denganmu yang dinyanyikan grup musik Peterpan dengan menterjemahkannya menjadi bahasa Jawa dan diberi judul Ono Opo Awakmu.

Memiliki bakat sebagai penyanyai campursari, Didi Kempot diketahui putra dari pelawak terkenal dari kota Solo, Ranto Edi Gudel atau yang lebih dikenal dengan nama mbah Ranto.

Didi Kempot juga merupakan adik kandung dari pelawak senior di Srimulat, Mamiek Podang atau Mamiek Prakoso.