Keren! Industri Film Korea Selatan Berhasil Lampaui 1 Triliun Won

Gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi (Foto : Freepik/magiclantern13)

Antv – Industri perfilman Korea Selatan kembali menyetak prestasi sekaligus rekor terbaru tahun ini. Jika diakumulasikan, pendapatan industri film Korea Selatan pada tahun ini telah sukses melampaui angka 1 triliun won, atau setara Rp11,9 triliun.

Ini adalah pencapaian untuk pertama kalinya setelah berjuang untuk bertahan dari dampak pandemi COVID-19.

Dilansir dari The Korea Herald pada Senin, 19 Desember 2022, Dewan Film Korea mencatat rincian total pendapatan dari Januari hingga November sebesar 1,26 triliun won atau sekitar Rp15 triliun. Angka itu naik 100,5 persen atau naik 502,5 miliar won dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan pendapatan sebagian besar didorong oleh sejumlah film yang dirilis dengan menargetkan penonton bioskop selama musim panas dan musim liburan Chuseok.

Sekuel komedi aksi The Roundup yang diluncurkan pada Mei lalu menjadi kontributor pertama dalam peningkatan pendapatan industri film Korsel dengan akumulasi sebanyak 12,6 juta tiket.

Kemudian, diikuti oleh film Confidential Assignment 2: International yang menyumbang penjualan tiket sebesar 6 juta, Hansan: Rising Dragon menyumbang penjualan 7 juta tiket, serta Top Gun: Maverick menyumbang penjualan lebih dari 8 juta tiket.