Enam Tahun Berjalan, P&G dan Save the Children Terus Berinovasi Melalui Program We See Equal

Enam Tahun Berjalan, P&G dan Save the Children Terus Berinovasi Melalui Program We See Equal
Enam Tahun Berjalan, P&G dan Save the Children Terus Berinovasi Melalui Program We See Equal (Foto : Istimewa)

Antv – Perusahaan FMCG terkemuka Procter and Gamble (P&G) Indonesia bersama Save the Children kembali melanjutkan komitmennya dalam program We See Equal (WSE) untuk membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak, khususnya di Cianjur dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Setelah konsisten berjalan selama enam tahun, pada kesempatan ini P&G dan Save the Children berbagi pandangan serta pembelajaran terkait perkembangan implementasi program tersebut di sekolah-sekolah binaan WSE.

Dalam kesempatan yang sama, P&G dan Save the Children juga mempertegas komitmennya untuk memperkuat program di fase berikutnya.

Sejak 2018 hingga Desember tahun 2023, program WSE telah berhasil memberdayakan sebanyak 26.998 anak, 1.874 guru, dan 2.990 orang tua.

Namun, pencapaian ini tidak hanya terbatas pada lingkup sekolah, melainkan juga melibatkan komunitas secara luas.

Program ini telah mencakup 11 desa, melibatkan 551 tokoh masyarakat, 77 staf pemerintah, dan berhasil membentuk 11 Forum Anak di bawah bimbingan WSE.

Melihat dampak positif yang dihasilkan, pemerintah lokal pun mengambil inisiatif untuk mereplikasi dan mempromosian modul WSE ke lebih banyak sekolah, yaitu mencakup 20 sekolah di Cianjur dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung.

Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia, menyatakan “Sejak tahun 2018, para generasi muda Kabupaten Bandung dan Cianjur telah menjadi perhatian P&G dan Save the Children lewat program We See Equal, dimana kami terus berupaya membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi mereka, sehingga dapat tumbuh dan berkembang untuk meraih kehidupan yang lebih berkualitas. Tahun ini, upaya bersama kami untuk memberdayakan masyarakat telah berhasil memberikan edukasi melalui program WSE kepada sejumlah anak, guru, dan orang tua. Lebih dari itu, kami juga melibatkan elemen masyarakat yang lebih luas dan memfasilitasi sejumlah Forum Anak di bawah bimbingan WSE. Kami bersyukur atas apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap dampak positif Program We See Equal dengan memperluas program ini ke 50 sekolah di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Kolaborasi antara P&G, Save The Children, dan pemerintah ini menunjukkan kekuatan dari aksi kolektif. Ini merupakan bukti dari apa yang bisa kita capai ketika bekerja bersama untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita.”

Helmi Halimudin, S.Pd, M.Si selaku Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur memaparkan “Melalui perjalanan program We See Equal di Kabupaten Cianjur, kami dengan tulus mengapresiasi dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh P&G dan Save the Children. Selain itu, kami juga melihat dampak positif dari program ini sehingga pemerintah pun berinisiatif untuk mereplikasi modul WSE di Kabupaten Cianjur sebanyak 20 sekolah dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung. Semoga kesuksesan ini menjadi titik terang yang mengilhami perusahaan-perusahaan lain untuk memberikan perhatian khusus dalam pembentukan lingkungan yang aman, positif gender, dan setara bagi anak-anak. Dengan langkah ini, kita bersama-sama membangun fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih baik, dimana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang setara dan aman.”

Pencapaian lain dari program WSE adalah memberikan dukungan kepada para pemimpin desa dalam membentuk Forum Anak Desa, sebuah wadah yang memampukan anak-anak di desa menyuarakan kebutuhan dan ide-ide mereka, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan mereka. K

eunikan dari forum-forum ini adalah bahwa mereka dipimpin oleh anak-anak sendiri dan difasilitasi oleh anggota masyarakat yang dewasa.