Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ajak 17 Ribu Lebih Pemilih Pemula Sumsel Gunakan Hak Pilih

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ajak 17 Ribu Lebih Pemilih Pemula Sumsel Gunakan Hak Pilih
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ajak 17 Ribu Lebih Pemilih Pemula Sumsel Gunakan Hak Pilih (Foto : Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Antv – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak 17 ribu lebih pemilih pemula, khususnya siswa-siswi kelas XII SLTA se-Sumsel untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Hal ini diungkapkan dalam kegiatan ‘Pendidikan Politik Pemilih Pemula bagi Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Se-Sumsel di Gedung Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, beberapa waktu lalu.

"Pesan saya gunakan hak pilih sebaik-baiknya karena kesan pertama kita memilih itulah yang tidak akan kita lupakan. Oleh karena itu, gunakan kesempatan pertama ini dengan sebaik-baiknya," kata Fatoni.

Fatoni menegaskan, peran generasi muda sangat penting dalam memilih pemimpin untuk masa depan  bangsa, negara dan daerah. Mengingat siswa-siswi kelas XII di Sumsel memiliki jumlah yang cukup besar yaitu 18,84% dari total pemilih di Sumsel.

"Pemilih di Sumsel ini 18,84 persen atau sebanyak 1.192.024 merupakan generasi Z atau pemilih pemula. Oleh karena itu adik-adik kalian sangat berperan dalam menentukan keberlangsungan bangsa kita satu suara dari kalian sangat berarti," ujarnya.

Fatoni juga mengingatkan para pemilih agar tidak golput dan terprovokasi terhadap berita bohong (hoax) yang akan menimbulkan konflik di masyarakat.

"Pada pemilihan pertama ini nanti kalian akan memilih Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan di akhir tahun nanti ada pemilihan kepala daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota. Untuk itu saya berharap adik-adik sekalian tidak memilih golput, hindari politik uang, jangan terpengaruh pada berita hoax dan ikut menyebarkannya," jelas Fatoni.

Kemudian, Fatoni menegaskan untuk menjaga kondusifitas daerah selama tahun politik berlangsung. Dia juga berharap agar siswa-siswa SLTA dapat menjaga status zero konflik di Sumsel.

"Kita harus bisa menjadi contoh daerah yang menyukseskan Pemilu, Pilkada dengan damai dan sukses komitmen ini kita harus jaga bersama jaga kondusifitas di Sumsel ini kita pertahankan zero konflik," ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel H Alfajri Zabidi menyebut kegiatan ini menjadi salah satu upaya menyukseskan Pemilu dan Pilkada di Sumsel.

"Kegiatan kita hari ini kita laksanakan dengan menindaklanjuti program prioritas Penjabat Gubernur Sumsel yang ingin pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 di Sumsel berlangsung sukses dan damai," kata Alfajri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan, Plt. Sekretaris KPU Sumsel Eko Iswantoro, mewakili Kapolda Sumsel Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Iskandar F Sutisna, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel H Syafitri Irwan, Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumsel Prof Aflatun Muchtar dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumsel Mal'an Abdullah.