Catatan Ilham Bintang: Mengenang Kepergian Rizal Ramli, Si Rajawali Ngepret

Catatan Ilham Bintang: Mengenang Kepergian Rizal Ramli, Si Rajawali Ngepret
Catatan Ilham Bintang: Mengenang Kepergian Rizal Ramli, Si Rajawali Ngepret (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Indonesia kembali berduka, kehilangan tokoh demokrasi penting  yang sangat kritis kepada pemerintah: DR Rizal Ramli. Anda pasti ingat tagline atau julukan terkenal dan pas, ekonom terpandang itu: " Rajawali Ngepret".

Rizal wafat Selasa (2/1/2024) pukul 19.30 WIB di RSCM Jakarta Pusat. Lebih sebulan ia dirawat di RS karena kanker pankreas.

Mantan menteri di era Presiden Gus  Dur dan Presiden Jokowi itu mengembuskan nafas terakhir dalam usia 69 tahun di RSCM Jakarta.

Ia lahir di Padang, 10 Desember 1954, dan meninggal dunia, tiga pekan setelah menginjak usia 69 tahun.  

Bang RR, begitu saya  biasa menyapanya, adalah sosok yang tak pernah lelah mengedukasi dan menuntun rakyat agar berperan aktif mengawasi penyelenggaraan negara. 

Berbekal sebagai ekonom dan aktivis pergerakan sejak masih mahasiswa di ITB Bang RR terus menyuarakan sikap kritis. Ini menjelaskan mengapa  kepergiannya sontak diratapi banyak orang di berbagai saluran media. Di X (dulu Twitter) kepergiannya menjadi trending topic praktis sejak berita wafat menyebar.

Semula Tak Percaya

Terus terang, semula saya tidak percaya berita duka mengenai Bang Rizal. Saya sedang berada di Bandung ketika membaca berita duka itu  pertama kali secara tidak sengaja di WAG salah satu komunitas. Saya berharap semoga itu hanya hoax yang memang berseliweran di tahun politik ini. Apalagi posisinya sebagai tokoh kritis, kerap juga Bang Rizal diperkusi lawan politiknya.

Berita itu saya "forward" di WAG "Komengsong", saluran komunikasi komunitas lintas profesi yang di dalamnya ada Rizal Ramli. Saya kepingin segera dibantah langsung oleh beliau.