Jenazah Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Akan Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata Hari Ini

Jenazah Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Akan Dimakamkan
Jenazah Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Akan Dimakamkan (Foto : Dok. BNPB)

AntvMantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo meninggal dunia pada Minggu (3/12/2023) sore, sekitar pukul 17.35 WIB.

Rekan se-angkatan di militer meminta pelepasan almarhum mantan Kepala Badan Nasional Penanggulang Bencana (BNPB) dilakukan secara militer.

Hal itu diungkapkan langsung adik kandung Letjen TNI Purn Doni Monardo, Ogi Rulino.

"Iyah karena ini permintaan dari temen-temen Pak Doni di angkatan. Jadi pukul 08.00 WIB, kurang lebih Pak Doni akan dilepas secara militer. Dipimpin oleh Inspektur Upacara dan diberangkat ke Mako Kopassus," ungkap Ogi di BSD, Tangerang Selatan (4/12/2023) dini hari.

Lebih lanjut Ogi mengatakan, nanti di sana (Mako Kopassus) akan disemayamkan mungkin sekitar 1,5 jam. Sekitar pukul 10.00 WIB, akan diberangkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Insya Allah akan dimakamkan di sana. Jadi tempat peristirahatkan Pak Doni yang terakhir," ucapnya.

Ogi juga tak luput mengucapkan terima kasih atas segala doa dan ucapan yang tulus kepada mendiang mantan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

"Kami berterimakasih atas segala doa ucapan yang tulus, sedikit banyak doa-doa yang diberikan kepada Pak Doni. Sehingga memberikan kekuatan kepada kami keluarga dan Insya Allah mudah-mudahan Pak Doni diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya," tutur Ogi.

Informasi yang dihimpun jenazah pagi ini akan dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Irup Wakasad TNI, Letjen Arif Rahman.

Kemudian, diberangkatkan menuju pemakaman TMP Kalibata dengan inspektur upacara (Irup) Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Semasa hidupnya, Letnan Jenderal TNI Dr. Doni Monardo, S.IP. adalah seorang purnawirawan TNI-AD yang menjabat Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-AD.

Selama berdinas, almarhum pernah menjabat di antaranya sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden dan terakhir menjabat sebagai Kepala BNPB.

Doni sudah menjadi kepala BNPB sejak resmi dilantik pada 2019. Saat itu, Doni menginisiasi untuk membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang kemudian jadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pada Maret 2020.

Ketika bekerja sebagai Kepala BNPB Doni juga pernah mendapatkan penghargaan penanggulangan Covid-19 oleh Presiden Jokowi pada Maret 2023.

Doni diberi penghargaan berkat strategi Pentahelix yang menitikberatkan semangat kegotongroyongan seluruh sumber daya.