Kawal Aksi Bela Palestina di Monas, Polda Metro Jaya Terjunkan 3.448 Personel

Kawal Aksi Bela Palestina di Monas, Polda Metro Jaya Terjunkan 3.448 Personel
Kawal Aksi Bela Palestina di Monas, Polda Metro Jaya Terjunkan 3.448 Personel (Foto : Dok. Istimewa)

AntvPolda Metro Jaya menerjunkan 3.448 personel gabungan untuk mengamankan Aksi Bela Palestina yang bakal digelar di kawasan Monas Jakarta Pusat pada Minggu (5/11/2023) besok.

"Total personel gabungan untuk pengamanan aksi sebanyak 3.448 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (4/11/2023).

Trunoyudo menyebut personel gabungan itu terdiri dari unsur Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran.
 
"Dari Polri 2.774 personel meliputi Polda Metro Jaya dan Polres, lalu unsur TNI 500 personel, dan Pemda DKI sebanyak 98 personel," jelasnya.
 
Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia akan menggelar Aksi Damai Bela Palestina yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu pekan ini.
 
Aksi tersebut rencananya bakal berlangsung sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Akan ada sejumlah orasi dari para tokoh-tokoh lintas agama. Menlu RI Retno Marsudi disebut-sebut akan hadir dalam aksi tersebut.
 
"Aliansi Rakyat Indonesia yang terdiri dari lintas agama, lintas ormas, lintas golongan, diundang mengikuti aksi bela Palestina," ujar Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/11).
 
Sudarnoto mengatakan aksi tersebut adalah aksi bersama masyarakat Indonesia yang telah geram dan mengutuk agresi serta pendudukan Israel terhadap Bangsa Palestina.
​​​​​​​
Trunoyudo juga menjelaskan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas meski masih bersifat situasional.
 
"Rekayasa lalu lintas kita siapkan, tapi sifatnya situasional," ucapnya.
 
Adapun rekayasa lalu lintas yang disiapkan yakni sebagai berikut:
 
1. Arus Lalu Lintas dari arah Jalan Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto.
 
2. Arus Lalu Lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni.
 
3. Arus Lalu Lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat dialihkan.
 
4. Arus lalulintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.