Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia 2023, Tanamkan Cinta Budaya Bangsa

Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia 2023, Tanamkan Cinta Budaya Bangsa
Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia 2023, Tanamkan Cinta Budaya Bangsa (Foto : Istimewa)

Antv – Prihatin dengan minimnya edukasi tradisi, seni musik dan budaya Nusantara pada anak-anak Indonesia, Simfoni Bintang Kecil akan menggelar event Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia 2023.

Event yang akan di gelar di Jakarta International Stadium pada 9-10 Desember 2023 ini, diharapkan anak-anak Indonesia mencintai budaya bangsanya.

"Kita ini punya budaya dan seni yang bisa menumbuhkan sisi positif bagi semua kalangan dalam membentuk identitas bangsa, hanya saja memang saat ini kondisinya terlupakan karena globalisasi, kurangnya edukasi dan informasi yang ringan serta menghibur sehingga mudah pendekatannya bagi anak-anak kita dan pihak-pihak terkait termasuk para orang tua. Jadi harapannya dengan event ini, menumbuhkan rasa cinta anak pada tradisi seni dan budaya bangsanya," ucap Ardian Khatulistiwa (Founder) Simfoni Bintang Kecil saat jumpa pers di Cafe Anora, Jakarta.

Menurut Ardian, event yang akan menghadirkan pemecahan rekor muri menyayikan lagu Indonesia Raya diiringi 1000 pemain biola, masih kurang perhatian dan kerjasama serta support dari pemerintah.

"Kita mengajak pemerintah, stake holder, pihak swasta untuk dapat support acara kita. Kondisinya saat ini jujur masih sangat minim support event ini. Jadi masih kita upayakan dari sumber dan effort kita sendiri bekerjasama dengan beberapa sponsor. Dari pemerintah, hmmmm.. Saat ini belum ada," Ujarnya.

Sabrina yang juga panitia event ini mengungkapkan, selama 20 tahun, tontonan di media televisi belum banyak berpihak pada segmen anak-anak. 

"Tontonan anak jarang. Tidak ada event-event anak yang ngegong, padahal anak anak butuh hiburan edukatif untuk input, basic sebagai  pembentuk karakter anak yang baik. Jadi dari situ kami membuat event  Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia 2023. Yah, seperti event dewasa Java Jaz dll," ucap Sabrina.