Kebakaran Hebat Menimpa TPA Bakung Bandar Lampung, Puluhan Personel Damkar Dikerahkan

Kebakaran Hebat Menimpa TPA Bakung Bandar Lampung, Puluhan Personel Damkar Dikerahkan
Kebakaran Hebat Menimpa TPA Bakung Bandar Lampung, Puluhan Personel Damkar Dikerahkan (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvKebakaran hebat menimpa tempat pembuangan akhir (TPA) Bakung, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung, Jumat (13/10/2023) malam. Pemicu kebakaran diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarang di sekitar lokasi.

Banyaknya bahan yang mudah terbakar seperti plastik dan kertas dengan disertai angin kencang membuat api terus berkobar menyebar di area tempat penampungan sampah tersebut.

"Karena kencangnya angin, api dengan cepat menyebar. Banyak plastik disini sehingga cukup sulit untuk memadamkannya," kata Arif, warga.

Menurut Arif, dirinya kurang mengetahui penyebab pasti kebakaran, sebab ia sedang memilah sampah. Dari daerah pemukiman warga, terlihat asap hitam mengepul di TPA Bakung sejak pukul 18.00 WIB.

"Kalau awal apinya berasal dari bagian atas TPA. Setelah bagian atas mulai mereda, sekarang ke bagian bawah," bebernya.

Sementara itu, Anthony Irawan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Bandar Lampung menduga kebakaran tersebut disebabkan oleh kelalaian manusia.

"Penyebabnya kita menduga itu kelalaian manusia, seperti sengaja bakar sampah, membuang puntung rokok dan sejenisnya," kata Anthony.

Saat ini, pihaknya masih berupaya memadamkan kobaran api yang terus meluas dengan mengerahkan puluhan personel petugas damkar. "Tapi untuk penyebab pastinya itu nanti, yang penting kita dapat segera memadamkan apinya saja dulu," timpalnya.

Diketahui, terakhir kali TPA Bakung mengalami kebakaran pada 2017 karena gas metan yang meledak.Namun pada Agustus 2023 lalu TPA Bakung juga mengalami kebakaran, yang terjadi di dua titik yang berbeda. Penyebab terjadi kebakaran di dua titik tersebut yakni karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.