Presiden Jokowi Tunjuk Erick Thohir Menko Marves Sementara saat Luhut Jalani Perawatan Kesehatan

Presiden Jokowi Tunjuk Erick Thohir Sebagai Menko Marves Sementara saat Luhut B Pandjaitan Jalani Perawatan Kesehatan
Presiden Jokowi Tunjuk Erick Thohir Sebagai Menko Marves Sementara saat Luhut B Pandjaitan Jalani Perawatan Kesehatan (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad-Interim (sementera), Rabu (11/10/2023).

Hal itu dikarenakan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah menjalani perawatan kesehatan di Singapura.

"Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan. Maka Presiden Jokowi telah menunjuk Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad-interim," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam pesan singkat kepada wartawan, Rabu (11/10/2023).

Ari menyebut penunjukkan Ad-Interim Menko Marves berlaku mulai hari ini. Meski demikian, ia tidak menjelaskan berapa lama Erick akan menggantikan Luhut.

"Berlaku mulai hari ini sampai ada keputusan dari Bapak Presiden terkait hal ini. Kita semua berharap Pak LBP (Luhut) bisa segera pulih, kembali menjalankan tugas-tugas yang diemban selama ini," tambahnya.

Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya sudah memberi informasi mengenai kondisinya pasca perawatan di Rumah Sakit di Jakarta.

Luhut menjelaskan, dirinya harus menjalani perawatan di Singapura untuk pemulihan.

"Saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura. Sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kesehatan saya," ujar Luhut dalam akun Instagramnya @luhut.pandjaitan, Selasa (10/10/2023) petang.



Selasa petang Luhut bersama dengan istrinya berangkat ke Singapura. Luhut mendapat tawaran berobat dari Menlu Singapura, Dr. Vivian Balakhrisnan dan Senior Minister Teo Chee Hean.