Sejumlah Artis dan Influencer Bentuk Extravaganjar untuk Naikkan Elektabilitas Ganjar Pranowo

Sejumlah Artis dan Influencer Bentuk Extravaganjar
Sejumlah Artis dan Influencer Bentuk Extravaganjar (Foto : Istimewa)

AntvMusisi Adi Adrian secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum Rumah Kita - Extravaganjar, di hadapan sejumlah musisi, konten kreator, influencer, selebgram dan aktor film.

“Saya sendiri butuh waktu untuk menerima tanggung-jawab ini. Itu pun setelah saya meyakini, bahwa ini bukan tentang saya saja, tapi ini tentang kita, tentang Indonesia,” ungkap Adi, tenang dan tegas, saat peluncuran Rumah Kita - Extravaganjar, Minggu (27/8/2023).
 
Tak butuh lama, Adi langsung gerak cepat, menyusun pengurus inti, lalu mendaftarkan nama Rumah Kreasi Insan Nusantara Rumah Kita sebagai organisasi nirlaba, dengan tujuan utamanya adalah memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI ke-8, dengan sebuah movement bernama Extravaganjar, disingkat XVG.
 
XVG, dibawah kendali Adi Adrian, didampingi Fendy Mugni sebagai Sekretaris Jenderal, dan Ayu Soetopo sebagai Bendahara, mulai bergerak dinamis.

Nyaris tanpa jeda, mereka melakukan serangkaian diskusi dengan berbagai elemen ekonomi kreatif. Focus group discussion pun dilakukan dengan para profesional, kalangan Millennial dan Generasi Z.

Termasuk diskusi seru pada Tanggal 24 Juli 2023 dengan Politisi Senior, Adian Napitupulu, untuk memahami peta kinerja berbagai organisasi relawan dan arah perjuangannya.
 
Demi positioning yang tepat, XVG pun melibatkan sosok berpengaruh dalam jajaran inti organisasi. Seperti Mazdjo Pray yang terus memetakan konstelasi politik secara up to date.
Ada pula nama Jeffry Waworuntu, Ade Andrini, Aldo Sianturi, Tina Toon, Chicha Koeswoyo, Ayu Soetopo, Andre Hehanussa, Sari Koeswoyo, Oleg Sanchabachtiar, Ida Arimurti, Bayu Randu, dan masih banyak lagi lainnya.
 
Bahkan XVG membentuk tim khusus, semacam think tank yang fokus pada konsep dan database, bernama TIM 8 (bermakna Presiden ke-8), yang terdiri dari sejumlah nama musisi, pesohor dan pelaku ekonomi kreatif.

Sebut saja misalnya, Sandy Andarusman yang menemukan nama Extravaganjar, Febrian HIVI, Prof. Franki Raden, Kadri Muhammad, Buddy ACe, Tamara Geraldine, Venny Asyita, Once Mekel dan Anang Hermansyah.

“Akhirnya kita semua tiba pada kesimpulan bahwa Mas Ganjar Pranowo, adalah sosok yang tepat, yang akan memimpin pemajuan tata kelola musik dan menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” simpul Adi Adrian, sembari membeberkan strategi pemenangan dengan membentuk Divisi Komuniaksi GenZ-Millenial, yaitu Rully, Efrain, Wedha, Dado dan Maulana.
 
Kepastian dukungan EXTRAVAGANJAR terhadap Ganjar Pranowo, kemudian ditetapkan secara resmi di Markas Besar Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP) 2024, yang diwakili oleh Dr, Ahmad Basarah, SH., MH.,  pada 24 Agustus lalu, di Jakarta.

Menurut Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP), Ahmad Basarah, Extrava Ganjar berisikan pelaku seni yang disukai masyarakat Indonesia, khususnya generasi Z dan milenial.

Basarah menyampaikan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang membentuk tim koordinasi sukarelawan ini sangat menyadari pemilihan presiden adalah pestanya demokrasi.

Menurut Basarah, secara konstitusi, partai politik memang berwenang mengusulkan sosok calon presiden, tetapi kedaulatan rakyat sebagai pemilik suara harus dijaga.

Basarah berharap, Extrava Ganjar bisa menyosialisasikan Ganjar Pranowo lewat seni. Basarah menyampaikan, elektabilitas Ganjar berdasarkan survei Litbang Kompas dan SMRC tinggi dibandingkan dua capres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Namun, lanjut Basarah, survei juga menunjukkan bahwa Ganjar secara keterkenalan lebih rendah dibanding dua pesaingnya itu.