Pentingnya Edukasi Seputar Informasi TBC untuk Sukseskan Eliminasi

Pentingnya Edukasi Seputar Informasi TBC untuk Sukseskan Eliminasi
Pentingnya Edukasi Seputar Informasi TBC untuk Sukseskan Eliminasi (Foto : Dok. BCF)

Antv – Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) terlibat dalam giat kampanye edukasi TBC kapda mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024.

Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat USU bersama para peserta magang Campus Leaders Program 7 yang disebut TB Ranger, menjadi edukator bagi 2.620 mahasiswa baru USU yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan screening TBC.

Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Bakrie Center Foundation (BCF) berkolaborasi melakukan pemeriksaan kesehatan dan screening TBC bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini juga melibatkan Kadin Indonesia, Kadin Daerah Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Indonesia Muda untuk Tuberkulosis, Yayasan Mentari Meraki Asa, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam implementasi Program Kolaborasi Multistakeholder & Multiyears dalam Percepatan Eliminasi TBC Sebelum Tahun 2030.

Screening TBC ini juga merupakan giat kampanye yang dilakukan oleh seluruh stakeholders untuk mencegah serta menanggulangi Tuberkulosis yang sebagian besar menyerang masyarakat usia produktif. Menurut data Globa TB Report, terdapat kurang lebih 715.000 masyarakat Indonesia berusia 15-64 tahun yang mengidap TBC.

Hal ini menurunkan produktivitas masyarakat khususnya usia produktif, sehingga kesejahteraan keluarga akan terganggu.

img_title
Pentingnya Edukasi Seputar Informasi TBC untuk Sukseskan Eliminasi. (Foto: Dok. BCF)

Informasi mengenai bagaimana mencegah TBC, apa yang harus dilakukan jika terkena TBC, hingga TBC bisa sembuh dengan pengobatan teratur dan disiplin, harus terus disampaikan kepada masyarakat agar penyebaran TBC di kalangan keluarga dan juga masyarakat usia produktif dapat dicegah.