50 TB Rangers dari MSIB Siap Berkontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel

50 TB Rangers dari MSIB Siap Berkontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel
50 TB Rangers dari MSIB Siap Berkontribusi untuk Eliminasi TBC di Sulsel (Foto : Dok. BCF)

Antv – Sebanyak 50 mahasiswa Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang tergabung sebagai TB Rangers berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya Eliminasi TBC di Indonesia.

50 orang mahasiswa MSIB tersebut siap berkontribusi dalam eliminasi TBC melalui magang Campus Leaders Program Batch 8 sebagai kemitraan Yamali TB bersama Bakrie Cente Foundation (BCF).

Mereka telah melakukan aktivitas terhitung sejak akhir Februari dan baru saja melakukan sinkronisasi program dan KPI pada Sabtu (9/3) di Pantai Tanjung Bayam, Kota Makassar.

Magang Campus Leaders Program merupakan salah satu implementasi dari Program Kolaborasi Nasional Multi Stakeholder dan Multi-years Percepatan Eliminasi TBC di Indonesia Sebelum Tahun 2030.

Kasri menjelaskan, Program Kolaborasi Nasional Multistakeholder dan Multi-years Percepatan Eliminasi TBC tahun 2030 ini merupakan salah satu upaya untuk peran pengentasan penyakit TBC di Indonesia yang saat ini angkanya sudah berkisar 1.060.000 ribu kasus menurut WHO.

"Kolaborasi ini melibatkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan, dunia usaha dalam hal ini Kadin Indonesia, serta BCF dan Yamali TB sebagai representasi komunitas untuk menggalang kekuatan dan solidaritas antar warga dalam andil berkontribusi menekan angka kasus TBC dan angka kesembuhan bagi para penyintas," ujar Kasri, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/3/2024).

Sementara itu, secara terpisah Penanggungjawab Program TBC Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Andi Julia Junus, menyampaikan antusiasnya atas keberadaan TB Rangers di Sulsel.