Satgas Yonif 122/TS Gugah Semangat Belajar Anak-anak Perbatasan lewat Belajar Mengajar di SDN Mosso

Satgas Yonif 122/TS Melalui Belajar Mengajar di SD Negeri Mosso
Satgas Yonif 122/TS Melalui Belajar Mengajar di SD Negeri Mosso (Foto : Dok. Penerangan Satgas Yonif 122/TS)

Kota, Jayapura, Papua, Antv – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Statis RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti Pos Mosso memberikan Tenaga Didik (Gadik) kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mosso, bertempat,di Kampung mosso kec. Muara tami kota Jayapura, Papua, Selasa (8/8/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan motivasi dan menggugah semangat belajar anak-anak yang berada di perbatasan Papua, khusunya Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mosso, dengan tema membuat generasi muda perbatasan riang bergembira sembari belajar.

Itulah salah satu potret pengabdian personel Satgas yang diperbantukan mengajar murid SD Negeri Mosso.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 122/TOMBAK SAKTI, Mayor Inf Diki Apriyadi dalam rilis tertulisnya

Diungkapkan Dansatgas, selain menjaga wilayah perbatasan RI-PNG tetap Satgas Yonif 122/Tombak Sakti yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolaksops) Korem 172/PWY juga gencar melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan teritorial di berbagai bidang untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

“Salah satu program Satgas sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat perbatasan yaitu bidang pendidikan, dimana para prajurit TNI dari satuan Batalyon 122 / Tombak Sakti ini turut membantu mengajar anak-anak Sekolah Dasar (SD) Negeri mosso, kec. Muara tami" tuturnya.

Seperti yang dilakukan 6 orang personel Satgas Pos Mosso dipimpin langsung Danpos Letda Inf Muhammad Thamrin Lubis turut membantu mengajar di SD Negeri Mosso.

 

img_title
Satgas Yonif 122/TS Terlibat Belajar Mengajar di SD Negeri Mosso. (Foto: Dok. Satgas Yonif 122/Tombak Sakti)


Dijelaskan pula, sebelum terjun ke daerah operasi, beberapa personel sudah dipersiapkan menjadi tenaga pengajar dengan mengikuti pembekalan dari dinas terkait, kemudian pada pelaksanaan tugas di perbatasan RI-PNG, personel tersebut disebar di pos-pos yang memiliki warga binaan.

“Tujuannya untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah perbatasan,” jelasnya.

Sambil Belajar, Satgas Yonif 122 Hadirkan Keceriaan Murid SD Negeri Mosso.

Dengan komunikasi yang baik dengan kepala sekolah Bapak Stepanus Mandowen ,spd, M.pd memberikan ijin untuk personel satgas pamtas Yonif 122/ Tombak Sakti mengajar dan akan diberikan jadwal rutin mengajar di SD Negeri Mosso secara rutin nantinya.

Cara mengajar Pratu Ansel Batara Paelongan (Personel Gadik pos Mosso) yang cukup menyenangkan dan menimbulkan semangat belajar bagi para siswa yang mengikuti jam pelajaran tersebut, sehingga bisa meningkatkan daya serap siswa yang baik.