950 Personel Aparat Gabungan Amankan Gelaran MXGP Samota 2023

950 Personel Aparat Gabungan Amankan Gelaran MXGP Samota 2023
950 Personel Aparat Gabungan Amankan Gelaran MXGP Samota 2023 (Foto : antvklik-Irwansyah)

Antv – Sebanyak 950 aparat keamanan gabungan akan mengamankan perhelatan akbar, balap motor cross kelas dunia, MXGP of Indonesia 2023 di Sirkuit Samota, Sumbawa, NTB.

Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, S.IK. S.H. M.Han, memimpin apel gelar Pasukan Operasi Samota Rinjani 2023, Kamis 22 Juni 2023 dalam rangka pengamanan MXGP Samota di halaman Mapolres Sumbawa.

Selanjutnya Karo Ops Polda NTB bersama Pemprov NTB dan Pemda Sumbawa memeriksa kesiapan pasukan beserta kendaraan dinas yang akan digunakan dalam operasi ini.

Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, yang dibacakan Karo Ops Polda NTB, mengatakan, event MXGP dimulai hari ini sampai dengan tanggal 26 juni 2023 mendatang.

"Kita dihadapkan dengan tugas pengamanan event MXGP yang akan dilaksanakan di Sirkuit Samota. Seluruh rangkaian kegiatan selama pelaksanaan event MXGP ini tentunya memerlukan upaya pengamanan dari kita semua. mulai dari kedatangan logistik, kedatangan panitia dan para rider, berlangsungnya race, hingga penutupan event," kata Kapolda.

Untuk menjamin situasi yang aman dan kondusif selama rangkaian pelaksanaan event, seluruh personel akan diploting pada seluruh lokasi mulai dari kedatangan, akomodasi hotel, rute perjalanan, dan venue dimana event berlangsung sehingga seluruh penonton, official dan rider merasakan keamanan dan kenyamanan selama event ini berlangsung.

"Kita menyadari bahwa polri tidak mungkin bekerja sendiri dalam pelaksanaan pengamanan event ini, oleh karena itu pada kesempatan ini, saya menekankan kepada segenap anggota polda yang bertugas langsung di lapangan, agar dapat bekerjasama dan berkoordinasi secara sinergis dengan seluruh elemen masyarakat, dalam menjaga, keamanan, ketertiban dan kelancaran jalannya penyelenggaraan pengamanan pada setiap tahapan event," ungkapnya.

"Niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME
siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga dapat menampilkan jati diri polri yang profesional, modern dan dipercaya;
tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan, antisipasi sedini  mungkin segala potensi kerawanan yang dimungkinkan terjadi. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, mantapkan kerja sama, sinergitas, serta solidaritas dengan seluruh pihak demi keberhasilan tugas," katanya.

Karo Ops polda NTB Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, S.IK. S.H. M.Han mengatakan, sebanyak 950 anggota keamanan gabungan dari TNI,  Polri dan pihak terkait yang akan dilibatkan dalam pengamanan.

Polda NTB juga menurunkan pam anggota brimob yang akan bertugas sebagai penghalau drone  yang kemungkinan ada yang terbang saat race berlangsung.

"Kita juga sudah koordinasi, apabila ada drone yang terbang tanpa izin maka akan kita turunkam secara paksa karena membahayakan penonton dan pembalap," tegasnya.

950 personel pengamanan gabungan ini nantinya akan bertugas selama balapan baik di pos pengamanan, pos penyekatan serta pengamanan sekitar sirkuit.