Oknum Anggota DPRD Fraksi PKB Pacitan Diduga Selewengkan Dana Hibah Masjid Rp227 Juta

Anggota DPRD Fraksi PKB Selewengkan Dana Hibah Masjid Rp227 Juta
Anggota DPRD Fraksi PKB Selewengkan Dana Hibah Masjid Rp227 Juta (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

Antv – Sebuah Bangunan Masjid yang terletak di RT 02 RW 11 Dusun Ngerjo Desa Tumpuk Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terbengkalai. Pasalnya, dana hibah untuk renovasi bangunan Masjid tersebut diduga diselewengkan.

Sesuai keterangan Gimun, tim pelaksana kegiatan (TPK) anggota kelompok masyarakat (pokmas), Minggu (18/6/2023), pencairan dana hibah tersebut telah dilakukan pada tanggal 12 Mei 2022, melalui Bank Jatim cabang Pacitan.

Setelah pencairan, uang sebanyak Rp 227.000.000 (Dua ratus dua puluh tujuh juta rupiah), langsung diminta Ridwan Purnomo Aji, anggota DPRD Komisi IV Faksi PKB Pacitan, asal daerah pemilihan Kecamatan Bandar dan Nawangan.

"Dana itu saya ambil dari Bank Jatim bersama 3 rekan pengurus Masjid Muhammad Ali Mulham. Saat itu pula, karena diminta lalu, semua uang senilai itu saya serahkan ke Pak Ridwan di rumah makan Abuteke Pacitan," jelasnya.

Gimun menambahkan, semua jumlah uang tersebut diserahkan dan ada bukti kwitansi yang di tanda tangan oleh Ridwan Purnomo Aji.

Saat ini renovasi pembangunan tempat ibadah itu di perkirakan baru menghabiskan anggaran kurang lebih seratus juta rupiah (Rp 100.000.000). Pembangunan terhenti lantaran dananya tidak diberikan ke pelaksana renovasi masjid.

"Waktu uangnya diminta, katanya mau dikerjakan pak Ridwan sendiri. Kita tidak menyangka. Sekarang kami malah terlibat dengan hukum,"imbuhnya.