Koperasi Produsen Ternak Berkah Salam Jaya Siap Distribusikan Sapi untuk Persiapan Idul Adha 1444 H

KPTBSJ Siap Distribusikan Sapi untuk Persiapan Idul Adha 1444 Hijriyah
KPTBSJ Siap Distribusikan Sapi untuk Persiapan Idul Adha 1444 Hijriyah (Foto : Istimewa)

Antv – Diperkirakan pada tahun 2023 produksi daging ruminansia dalam negeri sebanyak 404 ribu ton, sedangkan untuk angka kebutuhannya mencapai sekitar 815 ribu ton dalam satu tahun.

Sehingga untuk memenuhi kekurangan pasokan tersebut diperlukan pasokan luar. Dengan adanya kebutuhan tersebut maka pemerintah pun melakukan import.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan optimalisasi stok daging dalam negeri tetap menjadi prioritas. Hal itu untuk memenuhi lonjakan permintaan daging jelang puasa dan lebaran.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan opsi pengadaan dari luar, berdasarkan Prognosa Neraca Pangan yang disusun NFA, stok awal daging nasional di Januari 2023 sebesar 56 ribu ton. Sementara rata-rata kebutuhan daging nasional per bulan sebesar 67 ribu ton.

Selain itu kebutuhan daging sapi untuk Idul Adha 1444 Hijriya atau 2023 Masehi, diperkirakan akan meningkat.

Koperasi Produsen Ternak Berkah Salam Jaya tengah melakukan persiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dalam menghadapi Idul Adha 2023 ini.

"Kami telah melakukan upaya ternak sapi yang maksimal, juga kami lakukan penggemukan sapi dalam proses 3 bulan, sehingga sapi akan bertambah bobot sampai dengan rata-rata 34 Kg dan ini adalah salah satu solusi membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan daging sapi tersebut," ujar Suparlan, Ketua Koperasi Produsen Ternak Berkah Salam Jaya.

Pada pertemuan meeting seluruh pengusaha peternak sapi telah hadir beberapa pemilik kandang dan ternak sapi se- Kalimantan Timur, pengurus Koperasi Produsen Ternak Berkah Salam Jaya dan perwakilan dari Green Wilis Development Ibu Siti Nur Zulaikhah yang membahas ketersediaan sapi dan peluang bisnis.

"Kami pastikan ketersediaan Sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha nanti, selain itu kami pun untuk melestarikan ternak sapi dan penggemukan sapi, kami membuka peluang bisnis kepada investor dengan sistem bagi hasil profit per 3 bulan," kata Bambang Purnama, Bendahara Koperasi Produsen Ternak Berkah Salam Jaya.

 

img_title
Pertemuan Para Pengusaha Peternak Sapi. (Foto: Istimewa)


"Apresiasi yang luar biasa untuk Koperasi Produsen Ternak Berkah Salam Jaya, karena persiapan tersebut secara bertahap sudah dilakukan, selain ternak sapi dalam berbisnis dapat dilakukan penambahan bobot sapi melalui penggemukan sapi tersebut, tentu ini akan membantu pemerintah mengurangi import kebutuhan daging sapi di Indonesia," kata Fazhra Fawwaz Al Firman, yang hadir sebagai tamu undangan.