KPU Jombang Tidak Akan Menghapus Data Pemilih Misterius

KPU Jombang Tidak Akan Menghapus Data Pemilih Misterius
KPU Jombang Tidak Akan Menghapus Data Pemilih Misterius (Foto : antvklik-Umar Sanusi)

Antv – Munculnya data pemilih siluman sebanyak 165 nama temuan Bawaslu  Jombang, Jawa Timur juga membuat sibuk Dispendukcapil Jombang, Kamis siang (15/6/2023).

Kepala Dispendukcapil melakukan pengecekan kembali DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu). Pengecekan di sejumlah desa tidak ditemukan nama tanpa alamat lengkap RT/RW.

Namun pada akhirnya juga mendapati satu nama di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, alamat RT/RW-nya garis datar alias tidak ada.

Atas temuan ini Masduki Zakaria Kepala Dispendukcapil mengatakan, terjadinya kekosongan alamat RT/RW dimungkinkan terjadi kesalahan penulisan atau karena nama bersangkutan tinggal di perumahan atau lokasi yang belum ada RT/RW-nya.

"Jadi untuk RT/RW nya kadang nol-nol, kadang NIK nya nol-nol itu kemungkinan besar ada kesalahan dalam proses penulisan. Memang RT/RW ada beberapa persoalan dengan perumahan baru yang memang RT/RWnya belum terbentuk sehingga masih ditulis nol-nol termasuk nomor rumah," ungkap Masduki, Kamis (15/6/2023).

Sementara Abdul Wadud Burhan Abadi Ketua Divisi Data dan Perencanaan KPU Jombang mengatakan, data pemilih yang beralamat RT/RW nol/nol memang ada. Namun karena data tersebut berasal dari DP4 maka tidak diubah.

"Yang jelas semuanya bersumber dari DP4 kita. Kenapa bisa ada angka nol-nol, saya tidak berkompeten untuk menjawab, karena memang data yang dsampaikan oleh KPURI bersumber dari DP4 dan seperti itu apa adanya," kata Burhan ditemui di kantornya Kamis siang.