Teringat Anaknya Meninggal Dunia, Nenek Ini Minta Pulang saat Akan Terbang ke Tanah Suci

Teringat Anaknya Meninggal Dunia, Nenek Ini Batal Naik Haji
Teringat Anaknya Meninggal Dunia, Nenek Ini Batal Naik Haji (Foto : antvklik-Imron Danu)

AntvNenek Sulami Sulami binti Abani (71) jamaah Calon Haji asal Kota Kediri, Jawa Timur, mendadak viral lantaran minta pulang saat akan berangkat ke tanah suci di Bandara Djuanda Surabaya, Selasa, (6/6/2023).

Nenek Sulami warga Jalan Agus Salim Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, minta pulang karena teringat anak pertamanya baru meninggal dunia.

Umi Hanifah anak nenek Sulami mengatakan meski keluarga dan petugas haji sudah membujuknya untuk tetap berangkat, namun yang bersangkutan minta pulang ke rumahnya.

"Minta pulang, sudah di reh-reh (bujuk) tapi ibu tetap minta pulang," jelasnya.

Nenek Salami tiba-tiba minta pulang saat diberangkatkan ke Bandara Juanda dari asrama Haji Sukolilo Surabaya, pada Senin malam (5/6/2023) dengan turun dari bus dan meninggalkan rombongan secara diam diam.

"Sudah di dalam bus terus keluar tetap minta pulang akhirnya," imbuh Umi.

Selain itu keluarga juga mengakui bahwa ibunya sudah mengalami penurunan ingatan alias pikun. Itulah salah satu faktor ibunya tetap ngotot untuk minta menunda keberangkatanya.

"Ibu itu kan sudah pikun jadi dia tidak tau mau ke mana mungkin tidak ada yang dikenal," katanya.

Nenek Sulami dijadwalkan tergabung dalam kelompok terbang 30 yang mendaftarkan diri untuk menunaikan rukun islam ke lima sejak tahun 2011.

Dengan minta pulangnya nenek Sulami ini, keberangkatannya ditunda hingga tahun depan sampai kondisinya memungkinkan.