Heboh Fenomena Langka Jutaan Udang Berukuran Kecil Naik ke Daratan

Heboh Fenomena Langka Jutaan Udang Berukuran Kecil Naik ke Daratan
Heboh Fenomena Langka Jutaan Udang Berukuran Kecil Naik ke Daratan (Foto : antvklik-I Kadek Sugiarta)

AntvFenomena langka adanya jutaan udang berkuran kecil naik ke darat, bikin heboh warga di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo, Kamis (25/5/2023).

“Peristiwa itu terjadi di desa saya, tepatnya di halaman rumah salah satu warga. Ada banyak sekali undang yang naik ke darat itu, mereka keluar dari pipa saluran air yang bocor.” kata  Kepala Desa Buladu, Herlinda H Laniyo, Kamis (25/05/23).

Lebih lanjut Herlinda H Laniyo mengatakan, peristiwa naiknya jutaan udang kecil ke daratan itu diketahui sekitar pukul lima sore, di halaman rumah milik salah satu warga.

Selain itu, Herlinda dan warga setempat mengaku sangat kaget dengan adanya fenomena itu, karena peristiwa seperti itu baru pertama kali terjadi di desa mereka.

“Warga di sini biasanya menangkap udang di muara sungai, tapi kali ini sudah naik ke darat dengan jumlah yang sangat banyak. Makanya kami kaget,"  ujar Herlinda.

Ribuan udang tersebut kemudian ditangkap oleh warga untuk di jadikan umpan memancing ikan dan ada juga warga yang mengonsumsinya.

“udang-udang kecil itu sangat banyak, mungkin jutaan karena tidak terhitung jumlahnya. Udang- udang itu ditangkap warga untuk dijadikan umpan ikan di laut dan sebagian dijemur untuk dijadikan lauk.” ungkap Herlinda.

Belum diketahui penyebab jutaan udang-udang tersebut naik ke daratan, namun peristiwa ini pun sudah dilaporkan kepada pemerintah daerah.

“Kami Tidak tahu penyebab udang-udang ini naik ke daratan, Cuma memang di Desa Buladu saat ini masih musim udang tapi tidak sebanyak ini. Semoga fenomena tersebut bukanlah pertanda buruk, dan semoga masyarakat dapat memanfaatkan udang-udang yang didapatkan." punkas Herlinda.