Heboh Ikan Duyung Berukuran 2,2 Meter Terdampar di Pantai Arteri Mamuju

Heboh Ikan Duyung Berukuran 2,2 Meter Terdampar di Pantai
Heboh Ikan Duyung Berukuran 2,2 Meter Terdampar di Pantai (Foto : antvklik-Gusni Kardi)

Antv – Warga heboh dengan penemuan ikan duyung atau dugong sepanjang 2,7 meter yang terdampar di Pantai Arteri Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (24/5/2023).

Dugong yang terdampar tersebut ditemukan oleh warga setempat dalam kondisi sudah mati.

"Dugong yang terdampar itu sepanjangnya mencapai 2,7 meter. Diduga dugong raksasa itu terdampar di Pantai Arteri Mamuju, pada malam hari," ungkap Dimas Wahyu Anggara Koordinator Wilker Sulbar Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) saat ditemui wartawan di Pantai Arteti Mamuju, Rabu (24/5/2023).

Lebih jauh Dimas menyampaikan, diduga dugong yang terdampar tersebut mati dipicu akibat radiasi suara dan seringnya terjadi gempa bumi di wilayah Mamuju.

"Akibat radiasi suara dan seringnya terjadi gempa bumi di wilayah Mamuju, mengakibatkan dugong yang ada di perairan Mamuju mati mendadak," tutur Dimas.

Rencananya dugong yang terdampar di Pantai Arteri Mamuju tersebut akan dievakuasi oleh petugas dengan menggunakan kapal nelayan ke tengah laut.

"Dugong tersebut selanjutnya ditenggelamkan di tengah laut dengan cara mengikat dugong tersebut dengan batu sehibgga tenggelam ke dasar laut," ujar Dimas.

Sebelum dievakuasi, dugong yang terdampar tersebut diukur oleh petugas. Setelah diukur selanjutnya dugong tersebut diikat dengan tali.

Selanjutnya, dugong yang dudah diikat dengan tali selanjutnya ditarik ketangah laut oleh petugas untuk ditenggelamkan.