Saat Presiden Jokowi Nge-Prank Gubernur Lampung, Tak Gunakan Jalan yang Diperbaiki

Saat Presiden Jokowi Nge-Prank Gubernur Lampung
Saat Presiden Jokowi Nge-Prank Gubernur Lampung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja meninjau jalan rusak di Provinsi Lampung, yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir, Jumat (5/5/2023).

Setelah tiba di Bandar Raden Intan Lampung, Presiden Jokowi menyusuri jalan Terusan Ryacudu menuju Kotabaru, Kabupaten Lampung Selatan dengan menggunakan mobil kepresidenan RI 1.

Sesuai agenda, Presiden Jokowi akan berhenti di pintu keluar Jalan Tol Kota Baru yang terletak di Jalan Terusan Ryacudu untuk meninjau jalan yang sudah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Namun, mobil yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan tersebut justu melaju dan melewati lokasi jalan yang sudah diagendakan untuk ditinjau.

Mobil kepresidenan melaju ke arah Kotabaru yang kondisi jalannya rusak dan bergelombang hingga sebagian aspalnya terkelupas dan terlihat tanah berwarna merah.

Lebih dari satu jam mobil yang membawa Jokowi melalui jalan rusak dan bergelombang itu.

Setelah melewati jalan rusak tersebut, Jokowi kembali melewati jalan yang sudah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Lampung dan langsung menuju ke Masjid Airan Raya untuk melaksanakan salat Jumat.

Setelah melaksanakan salat Jumat, Presiden Jokowi diagandekan meninjau jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah dengan menaiki helikopter yang telah disediakan di Lapangan PKOR, Way Halim, Bandar Lampung.

Lagi-lagi, Jokowi keluar dari agenda yang sudah ditentukan protokol dan Pemprov Lampung. Ia justru naik mobil kepresidenan untuk menuju ke Lampung Tengah.
Mantan Gubernur Jakarta itu kemudian diarahkan untuk melalui ruas jalan Simpang Randu menuju Rumbia, Lampung Tengah, yang kondisi jalannya sudah diperbaiki Pemprov Lampung.

Namun, Jokowi justru melalui jalan rusak di ruas jalan Kotagajah menuju ke Simpang Randu yang jalannya mengalami rusak parah.

"Rombongan Presiden ke Rumbia lewat ruas jalan Kotagajah, tidak lewat ruas jalan Simpang Randu yang jalannya sudah diperbaiki untuk menuju ke Rumbia. Pemprov Lampung sia-sia bagusin jalan untuk dilalui Pak Jokowi," kata Edi, salah seorang warga, Jumat (5/5/2023).

Rute yang dilalui oleh Presiden Jokowi yang ternyata bukan termasuk rute yang ditentukan itu  viral di sosial media.

Masyarakat banyak mengunggah video mobil presiden nyangkut dengan berbagai caption sindiran terhadap pemerintah provinsi Lampung.

“Kejutan RI 1, yang dibenerin jalan A, yang dilewati jalan B, C," unggah salah satu akun media sosial.

Gubernur Lampung kena prank presiden, udah perbaiki jalan kebut semalam bak proyek Roro Jonggrang, eh presiden pilih lewat jalan yang rusak,” pungkasnya.