Kapolda Metro: Pelaku Penembakan Kantor Pusat MUI Meninggal di Puskesmas, Pingsan Saat Dibekuk

Suasana Kantor Pusat MUI Jakarta usai insiden penembakan, (02/05/2023)
Suasana Kantor Pusat MUI Jakarta usai insiden penembakan, (02/05/2023) (Foto : Diana Kharisma/ANTV)

Antv – Penembakan terjadi di kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, pada Selasa (02/05/2023) siang. Kepala Kepolisian Daerah Polda (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto turun langsung ke lokasi meninjau tempat kejadian perkara (TKP) usai insiden penembakan di kantor tersebut.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto mengatakan pelaku penembakan di kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) jatuh pingsan saat dibekuk petugas. Pelaku sempat melarikan diri setelah melepaskan tembakan ke salah satu pegawai di Kantor Pusat MUI. Adapun korban mengalami luka di bagian punggung.

"Kemudian yang bersangkutan keluar dan oleh karyawan maupun pengamanan dalam (pamdal), (pelaku) dikejar dan diamankan. Pada saat proses diamankan, tersangka ini pingsan," jelas Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto di temui di lokasi kejadian. 

Lantaran pingsan, pelaku yang awalnya akan dibawa ke kantor polisi, langsung dilarikan ke Puskesmas Menteng, Jakarta Pusat. Saat diperiksa dokter, pelaku dinyatakan meninggal dunia.

“Yang bersangkutan ini pingsan dibawa ke Polsek sama (anggota) Polsek dibawa ke Puskesmas Menteng, lalu dilarikan ke Puskesmas dan sama Puskesmas Menteng dinyatakan meninggal dunia,” jelas Karyoto.

Saat ini kepolisian masih menyelidiki penyebab kematian pelaku. Karyoto menyampaikan jenazah pelaku akan diautopsi untuk mengetahui ada tidaknya penyakit penyerta.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah pelaku meninggal karena tertembak atau karena penyakit bawaan. Dia juga menyebut akan berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk mencari tahu latar belakang pelaku.